UTBK SBMPTN Gelombang II di Hari Ke-3(tiga) Aman dan Kondusif

Diposting pada

Rabu, 28 April 2021 – Memasuki hari ke-3 Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dalam rangka Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Gelombang II, Menurut data base panitia Lokal 311 Banten tercatat sebanyak 15.886 peserta yang akan berjuang meraih kursi perguraan tinggi negeri. Tidak berbeda dengan gelombang sebelumnya, pada UTBK SBMPTN Gelombang II yang diselenggarakan mulai tanggal 26 April 2021 hingga 2 Mei 2021 ini diterapkan protokol kesehatan yang ketat, tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menempatkan dokter dan tim medis di setiap lokasi ujian untuk mencegah transmisi virus COVID-19 yang dikawatirkan terjadinya Cluster baru. Selain menyediakan hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan portabel yang disertai sabun, tim medis turut dihadirkan untuk memeriksa suhu dan kondisi tubuh peserta sebelum memasuki lokasi ujian. Peserta yang memiliki suhu tubuh di atas 37,5o C akan diarahkan untuk beristirahat sejenak sebelum diperiksa kembali. Apabila suhu tubuh peserta tidak mengalami penurunan dan atau menunjukan gejala COVID-19, peserta tidak dapat mengikuti ujian.

Di hari ke-3 UTBK yang hadir mengikuti ujian di 15 (lima belas) lokasi ujian yang tersebar di kota Serang dan Tangerang menurut data daftar hadir yang ter. Ketua LP3M Prof. Dr. Eng. A. Ali Alhamidi, ST., MT. mengunjungi SMK Pasundan 1 Kota Serang yang menjadi salah satu lokasi ujian,  untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan ujian dan penerapan protokol kesehatan, perlengkapan dan sarana-prasarana dilokasi berdasarkan pantauan, lokasi ujian dianggap layak dan ketepatan waktu pelaksanaan ujian dinilai sangat baik. “Pelaksanaan sangat lancar terkendali, lebih kondusif dari hari kemarin dihari ke-2.” ujarnya.

SMK Pasundan 1 Kota Serang tersedia 3 (tiga) ruangan ujian yang masing-masing dapat menampung hingga 20 (dua puluh) peserta. Di SMK Pasundan 1 Kota Serang pada hari ke-3 disesi pertama terdapat 1 peserta tidak hadir/tidak mengikuti Ujian dari sekian peserta yang hadir. Dan untuk sesi ke-2 dihari ketiga ujian dari semua peserta terdapat 5 peserta yang telah dinyatakan tidak hadir. Koordinator TIK UTBK-SBMTN Untirta menjelaskan untuk data keseluruhan peserta hadir dari 15 lokasi ujian, Tim menunggu hasil konfirmasi rekapan dari tiap-tiap Mitra tersebar terlebih dahulu setelah ujian dinyatakan selesai. Berikut menjelaskan bahwa ketidak hadiran peserta dapat disebabkan pula oleh beberapa faktor, diterimanya peserta di perguruan tinggi lain, ataupun keterlambatan peserta yang berakibat pada tidak diizinkannya peserta mengikuti ujian.