Untirta Kembangkan Kapasitas Pengelola Perpustakaan dalam Rangka Sambut Program Perpustakaan Desa dan Kampung Literasi

Diposting pada

SERANG-Unit Penunjang Akademik (UPA) Perpustakaan Untirta menutup materi ‘Workshop Pengintegrasian Sistem Informasi Manajemen Perpustakaan’ pada Kamis, 25 April 2024, di Aula Lantai 3 UPA Perpustakaan Untirta, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang. Pada penutupan ini ada beberapa hal yang disampaikan oleh Kepala UPA Perpustakaan Untirta Dr. Firman Hadiansyah, M.Hum., di antaranya adalah terkait dengan peningakatan SDM perpustakaan, pengintegrasian perpustakaan dan inskulivitas pengelola dalam melakukan pelayanan kepada warga kampus bahkan masyarakat Banten secara luas.

Menurut Firman, workshop kali ini merupakan permulaan dari bagaimana Perpustakaan Untirta merespons program yang digulirkan Kemenko PMK dalam RPJMN 2020-2024 pada peningkatan budaya literasi bersama dengan Perpusnas yang diejawantahkan melalui perpustakaan desa, kampung literasi dan semacamnya. Ditambah dengan adanya Kampung Literasi di Sindangsari, Kabupaten Serang, yang menjadi titik lokasi Untirta, menurut Firman Perpustakaan Untirta harus selalu intens dalam perkembangannya.

“Pengintegrasian ini adalah termasuk juga soal SDM yang diharapkan satu visi dimulai dari internal terlebih dahulu. Jika sudah satu visi kita bisa bergerak ke sekolah-sekolah dan desa-desa karena dalam konteks pengabdian kita harus bermanfaat untuk mereka sehingga satu sama lain bisa terlibat ditambah dengan pada 13-19 Mei 2024 mendatang itu ada kegiatan Harbukfes di Untirta dan diharapkan semua pihak bisa terlibat,” tegasnya.

“Saya membayangkan nanti kita bisa melakukan pendampingan ke tiap perpustakaan desa minimal di Kabupaten Serang dan kalau bisa di Banten secara menyeluruh. Jangan takut bermimpi. Oleh karenanya kita harus mulai dari diri kita, dari Untirta. Teman-teman itu ditunggu oleh desa. Mereka mungkin tidak memahami mekanisme soal kepustakaan dan termasuk perpustakaan di sekokah secara mendalam,” ujar Dr. Firman.(HI/AAP)