TENTANG UNTIRTA

TENTANG

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa disingkat Untirta, adalah PTN (Perguruan Tinggi Negeri) yang terdapat di Provinsi Banten, Indonesia. Dengan kampus utama di Serang, kampus Fakultas Teknik yang berada di Cilegon dan Fakultas Keguruan yang berada di Ciwaru.

Selaku Perguruan tinggi, mahasiswa dan dosen senantiasa melakukan penelitian-penelitian dan pengabdian yang mengarah ke berbagai bidang untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depannya.

Sejarah Singkat

Sejarah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dimulai dari Yayasan Pendidikan Tirtayasa yang didirikan tanggal 1 Oktober 1980, berkedudukan di Serang, Banten. Pendirian yayasan ini dikukuhkan berdasarkan Akte Notaris Rosita Wibisono, SH. No. 1 tanggal 1 Oktober 1980, yang kemudian diadakan perubahan melalui Akte Notaris Ny. R. Arie Soetardjo, SH. No. 1 tanggal 3 Maret 1986. Maksud dan tujuan pendirian yayasan ini adalah :
  • Membantu usaha-usaha pemerintah dalam bidang pendidikan umum.
  • Mendirikan sekolah-sekolah mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi, termasuk juga sekolah-sekolah kejuruan.
  • Merencanakan dan mengusahakan sarana pendidikan, serta sarana olah raga.
Pelajari Selengkapnya

Sambutan Rektor

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Selamat datang di website Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Saya dengan bangga memperkenalkan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kepada semua pembaca. Untirta adalah Perguruan Tinggi Negeri sebagai transformasi dari Perguruan Tinggi Swasta berdiri tahun tanggal 1 Oktober 1981 dan dinegerikan pada tanggal 9 Maret 2001 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor : 32 Tahun 2001 merupakan institusi tertinggi pendidikan formal bagi seorang yang ingin meningkatkan kualifikasi dan kompetensinya dalam berbagai disiplin ilmu pengetahuan sekaligus merupakan sebuah entitas dan komunitas yang mempunyai karakteristik tersendiri dalam struktur kehidupan masyarakat.

Pelajari Selengkapnya

Visi dan Misi UNTIRTA Tahun 2019-2023

Visi

Terwujudnya UNTIRTA Sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University yang UNGGUL, BERKARAKTER DAN BERDAYA SAING, di Kawasan ASEAN tahun 2030

Misi
  • Meningkatkan kualitas, relevansi dan daya saing pendidikan serta lulusan yang unggul, berkarakter dan berdaya saing di kawasan ASEAN.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif berbasis kebutuhan nyata sesuai perkembangan zaman.
  • Meningkatkan daya dukung tatakelola perguruan tinggi yang baik sebagai implementasi dari Integrated Smart and Green (It’S Green) University.

Value JAWARA (Jujur Adil Wibawa Amanah Religius Akuntabel)UNTIRTA merupakan rumah yang tidak hanya berperan sebagai tempat, namun juga sebagai sumber pengetahuan, keteladanan, dan kebajikan. Oleh karena itu seluruh sivitas akademikanya berkewajiban menjunjung tinggi nilai-nilai dasar dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya.” (Sulaiman. 2019)

Pimpinan Universitas

REKTOR UNTIRTA PERIODE 2019 – 2023
Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT

Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset
Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas
H. Kurnia Nugraha, ST., MT.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni
Dr. H. Suherna, SP., M.Si.

Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri
Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd

Pelajari Selengkapnya

Struktur dan Susunan Anggota Senat
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Periode 2020-2024
Tahun 2020

Ketua                  :      H.E.R. Taufik, SE, MM., M.Si., Ph.D

Sekertaris          :      Prof. Dr.-Ing. Asep Ridwan, ST., MT.

I. Komisi Guru Besar

Ketua KomisiSekertaris KomisiAnggota
Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.PdProf. Dr. Meutia, SE, MP.1.  Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, ST., MT.
  2.    Prof. Dr.Eng. A. Ali Alhamidi, MT.
  3.    Prof. Dr. Hj. Palmawati Taher, MH.
  4.    Prof. Dr. Yeyen Maryani, M.Si.
  5.    Prof. Dr. Yayat Ruhiyat, M.Si.
  6.    Prof. Dr. Nurmayulis, Ir., MP.
  7.    Prof. Dr. Ir. Kartina AM, MP.
  8.    Prof. Dr. H. Tb. Ismail, SE, MM.Ak
  9.    Prof. Dr. H. Ahmad Sihabudin, M.Si
  10. Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc.
  11. Prof. Dr.-Ing. Asep Ridwan, ST., MT.

Pelajari Selengkapnya

——-

Struktur Organisasi

Klik pada gambar untuk memperbesar

Makna Lambang

Makna Lambang Untirta, yaitu:
  1. Segi lima yaitu bentuk dasar yang melambangkan Pancasila.
  2. Menara Masjid Banten yang berdiri kokoh dan kuat melambangkan keteguhan iman, pendirian yang kokoh dan tujuan yang tinggi, mulia, dan dinamis. Beringin yang rindang berdiri tepat di tengah-tengah sebagai pengayom, melambangkan keadilan yang didambakan setiap insan.
  3. Empat akar pohon beringin yang terjuntai ke bawah melambangkan Undang-Undang Dasar 1945.
  4. Tiga cabang akar beringin melambangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat).
  5. Dua bulu angsa yang sebagai alat tulis pada zaman dahulu yang melambangkan simbol pendidikan.
  6. Dua garis merah di bawah adalah dua aliran sungai Ciujung dan Cidurian yang sejak zaman pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa digunakan untuk pengairan guna kemakmuran daerah, melambangkan suatu harapan agar para mahasiswa Untirta dapat mengembangkan tenaga dan pikirannya untuk kemakmuran daerah.
Pelajari Selengkapnya

Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan

BAKP

Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa adalah Biro yang mengurusi permasalahan:

  1. Akademik yang terdiri dari : registrasi mahasiswa (baru/lama), pendaftaran wisuda, pengelolaan nilai transkrip, pengelolaan pendaftaran wisuda, dan administrasi akademik.
  2. Kemahasiswaan yang terdiri dari : pengelolaan beasiswa, peningkatan prestasi kemahasiswaan, pengelolaan dan pengembangan Ormawa, dan segala sesuatu yang terkait kemahasiswaan.
  3. Perencanaan yang terdiri dari : perencanaan kegiatan universitas termasuk di dalamnya perencanaan pengadaan barang dan jasa.

BAKP ini dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang membawahi 2 orang Kepala Bagian (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan, serta Kabag. Perencanaan). Kabag Akademik dan Kemahasiswaan membawahi Kepala Sub. Bagian Akademik dan Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik. Kabag Perencanaan membawahi Kepala Sub Bagian Perencanaan.

Visi BAKP

Memberikan layanan teknis administrasi akademik, kemahasiswaa dan perencanaan menuju terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’s Green) University yang unggul, berkarakter dan berdayasaing di kawasan Asean Tahun 2030.

Pelajari Selengkapnya

Biro Umum Keuangan dan Kepegawaian

BUKK
Biro Umum, Kepegawaian dan Keuangan (BUKK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa adalah salah satu biro di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi Biro Umum Kepegawaian dan Keuangan melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan urusan Ketatausahaan (TU)
  2. Pelaksanaan urusan Keruamahtanggaan (RT)
  3. Pelaksanaan urusan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN)
  4. Pelaksanaan urusan Kepegawaian & SDM
  5. Pelaksanaan urusan Ketatalaksanaan & Hukum
  6. Pelaksanaan urusan Penerimaan Rupiah Murni (RM)
  7. Pelaksanaan urusan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)
  8. Pelaksanaan urusan Akuntansi dan Pelaporan (AKLAP)

Dalam struktur organisasi Biro Umum Keuangan dan Kepegawaian (BUKK) berada di eselon IIa dan dipimpin oleh seorang Kepala Biro dengan pangkat Minimal IVb.

Pelajari Selengkapnya

Sambutan Rektor

Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.

Nilai Keteladanan yang akan menjadi penciri dan kekuatan kearifan lokal warga Untirta, dibangun dari dua sosok pergerakan Banten, Syeh Nawawi Al-Bantani dan Sultan Ageng Tirtayasa.

Untirta Dalam Angka

0
Total Lulusan
0
Tenaga Kependidikan
0
Magister
0
Doktor
0
Profesor
1
Fakultas
1
Program Study
1
Total Dosen

Peta Kampus