Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan

Diposting pada

BAKP

Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Perencanaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa adalah Biro yang mengurusi permasalahan:

  1. Akademik yang terdiri dari : registrasi mahasiswa (baru/lama), pendaftaran wisuda, pengelolaan nilai transkrip, pengelolaan pendaftaran wisuda, dan administrasi akademik.
  2. Kemahasiswaan yang terdiri dari : pengelolaan beasiswa, peningkatan prestasi kemahasiswaan, pengelolaan dan pengembangan Ormawa, dan segala sesuatu yang terkait kemahasiswaan.
  3. Perencanaan yang terdiri dari : perencanaan kegiatan universitas termasuk di dalamnya perencanaan pengadaan barang dan jasa.

BAKP ini dipimpin oleh seorang Kepala Biro yang membawahi 2 orang Kepala Bagian (Kabag. Akademik dan Kemahasiswaan, serta Kabag. Perencanaan). Kabag Akademik dan Kemahasiswaan membawahi Kepala Sub. Bagian Akademik dan Kepala Sub Bagian Registrasi dan Statistik. Kabag Perencanaan membawahi Kepala Sub Bagian Perencanaan.

Visi BAKP

Memberikan layanan teknis administrasi akademik, kemahasiswaa dan perencanaan menuju terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’s Green) University yang unggul, berkarakter dan berdayasaing di kawasan Asean Tahun 2030.

Misi BAKP

Memberikan layanan teknis akademik, kemahasiswaan, perencanaan, kerjasama dan humas yang terbaik amanah dan profesional.

Kebijakan

Memperkuat komitmen, kebersamaan dan tanggung jawab dalam mewujudkan layanan teknik akademik, kemahasiswaan, perencanaan dan humas.

Program 

  1. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Akademik
  2. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Kemahasiswaan
  3. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Perencanaan
  4. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Kerjasama
  5. Memberikan layanan teknis administrasi bidang Humas

 

Kegiatan

Kegiatan kerja BAKP terbagi pada dua (2) bagian yaitu,

  1. Bagian Akademik dan Kemahasiwaan.
  2. Bagian Perencanaan, Kerjasama dan Humas.

 

Bagian Akademik dan Kemahasiswaan

Program kegiataan teknis bagian akademik dan kemahasiswaan meliputi :

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja bagian;
  2. Melaksanakan analisis data di bidang akademik dan kemahasiswaan;
  3. Melaksanakan penyusunan kalender akademik;
  4. Melaksanakan urusan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
  5. Melaksanakan penyiapan penyelengaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar, dan pertemuan ilmiah lainnya;
  6. Melaksanakan administrasi perkuliahan dan ujian;
  7. Melaksanakan administrasi tugas belajar dosen;
  8. Melaksanakan administrasi kelulusan mahasiswa;
  9. Melaksanakan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pedidikan;
  10. Melaksanakan pemprosesan pemberi ijin penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  11. Melaksanakan evaluasi kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  12. Melaksanakan pengembangan dan peningkatan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
  13. Melaksanakan administrasi dibidang minat, bakat dan kesejahteraan mahasiswa;
  14. Melaksanakan layanan di bidang minat, bakat, dan kesejahteraan mahasiswa;
  15. Melaksanakan administrasi alumni;
  16. Melaksanakan penyusunan statistik mahasiswa;
  17. Melaksanakan pengolahan informasi akademik dan kemahasiswaan;
  18. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan;
  19. Melaksanakan penyimpanaan dan pemeliharaan dokumen bagian;
  20. Melaksanakan penyusunan laporan bagian;

Subbagian Akademik dan Evaluasi

Program kegiatan teknis Subbagian akademik dan kemahasiswaan meliputi sebagai berikut :

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Bagian;
  2. Melakukan penyusunan instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan;
  3. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data akademik;
  4. Melakukan penyajian data hasil monitoring dan evaluasi pendidikan sebagai bahan kebijakan pimpinan;
  5. Melakukan bahan penyusunan kalender akademik;
  6. Melakukan administrasi perkuliahan dan ujian;
  7. Melakukan administrasi tugas belajar dosen;
  8. Melakukan urusan pemrosesan ijazah;
  9. Melakukan urusan perpanjangan masa studi dan putus studi akademik;
  10. Melakukan administrasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa;
  11. Melakukan pemberian layanan transkrip nilai;
  12. Melakukan penyiapan bahan penyelenggaraan wisuda, dies natalis, orasi ilmiah, upacara pengukuhan guru besar/professor, dan pertemuan ilmiah lainnya;
  13. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan dan pendayagunaan sarana pendidikan;
  14. Melakukan pengaturan penggunaan sarana akademik;
  15. Melakukan penyiapan bahan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan akademik;
  16. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  17. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Subbagian Registrasi dan Statistik

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan Program Kerja Bagian
  2. Melakukan penyusunaan pedoman pelaksanaan penerimaan dan registrasi mahasiswa;
  3. Melakukan penerimaan mahasiswa baru;
  4. Melakukan registrasi mahasiswa baru;
  5. Melakukan penyiapan kartu mahasiswa, kartu rencana studi, kartu hasil studi, dan pemberian nomor induk mahasiswa;
  6. Melakukan urusan alih program studi;
  7. Melakukan urusan cuti akademik mahasiswa;
  8. Melakukan pemrosesan pindah mahasiswa dan/atau pengunduran diri mahasiswa;
  9. Melakukan penyusunan statistik mahasiswa ;
  10. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  11. Melakukan penyusunan laporan Subbagian.

 

Subbagian Kemahasiswaan dan Alumni

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian, dan Program kerja bagian;
  2. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di bidang kemahasiswaan dan alumni;
  3. Melakukan penyusunan rencana kegiatan mahasiswa;
  4. Melakukan urusan pemilihan mahasiswa berprestasi dan teladan;
  5. Melakukan fasilitasi kewirausahan dan keterampilan mahasiswa;
  6. Melakukan urusan pemberian ijin atau rekomendasi kegiatan mahasiswa;
  7. Melakukan penyusunan rencana kebutuhan pelayanan kesejahteraan mahasiswa;
  8. Melakukan urusan pemberian beasiswa;
  9. Melakukan fasilitasi peningkatan keterampilan mahasiswa;
  10. Melakukan pelayanan kesejahteraan dan kesehataan mahasiswa;
  11. Melakukan pemberian layanan informasi bursa kerja;
  12. Melakukan fasilitasi jejaring alumni;
  13. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan mahasiswa;
  14. Melakukan penyusunan laporan dan penyajian data dan informasi kegiatan kemahasiswaan;
  15. Melkaukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  16. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Bagian Perencanaan dan Kerja Sama

Program kegaiatan teknis bagian perencanaan dan kerja sama meliputi sebagai berikut :

  1. Melaksanakan penyusunan program kerja Bagian, program kerja Biro, dan program kerja UNTIRTA;
  2. Melaksanakan penyusunan bahan kebijakan perencanaan dan kerja sama Untirta;
  3. Melaksanakan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja Untirta;
  4. Melaksanakan penyusunan satuan biaya kegiatan;
  5. Melaksanakan analisis terhadap usul program, kegiatan, sasaran, dan anggaran di lingkungan Untirta;
  6. Melaksanakan penyusunan rencana, program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
  7. Melaksanakan penyusunan usul penyesuaian program, kegiatan, sasaran dan anggaran Untirta;
  8. Melaksanakan penyajian data perkembangan pelaksanaan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
  9. Melaksanakan penyusunan laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta akuntabilitas kenerja Untirta;
  10. Melaksanakan urusan peliputan dan dokumentasi serta penyusunan bahan informasi dan publikasi;
  11. Melaksanakan penyusunan bahan dan penyiapan penyelenggaraan konfersi pers dan siaran pers;
  12. Melaksanakan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama yang dilakukan dilingkungan Untirta;
  13. Melaksanakan penyiapan proposal pelaksanaan kerja sama;
  14. Melaksanakan penyusunan rancangan naskah kerja sama di lingkungan Untirta;
  15. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama dan hubungan masyarakat;
  16. Melaksanakan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
  17. Melaksanakan penyusunan laporan Bagian;
  18. Melaksanakan penyiapan penyusunan laporan Biro dan Laporan Untirta.

 

Subbagian Perencanaan dan Evaluasi

 

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian dan program kerja Bagian;
  2. Melakukan penyiapan penyusunan program kerja Biro dan program kerja Untirta;
  3. Melakukan penyusunan kebijakan perencanaan dan evaluasi pelaksanaan rencana, program, dan anggaran untirta;
  4. Melakukan pemyiapan penyusunan pedoman perencanaan di lingkungan Untirta;
  5. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data di lingkungan Unitrta;
  6. Melakukan penyusunan proyeksi pengembangan, rencana strategis, dan rencana kinerja Untirta;
  7. Melakukan penyusunan satuan biaya kegiatan;
  8. Melakukan penelaahan usulan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran unit kerja di lingkungan Untirta;
  9. Melakukan penyusunan program, kegiatan, sasaran, dan anggaran Untirta;
  10. Melakukan penyiapan bahan koordinasi pembahasan rencana, program, dan anggaran Untirta;
  11. Melakukan penyusunan petunjuk operasional kegiatan di lingkungan Untirta;
  12. Melakukan penelaahan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran unit kerja;
  13. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan program, kegiatan, dam anggaran Untirta;
  14. Melakukan penyajian data pengembangan pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
  15. Melakukan urusan penyesuaian program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
  16. Melakukan penyusunan laporan pelaksanaan rencana, program, kegiatan, dan anggaran Untirta;
  17. Melakukan penyusunan laporan akuntabilitas kinerja Untirta;
  18. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Bagian; dan
  19. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian.

Subbagian Kerja Sama

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian  dan program kerja Bagian;
  2. Melakukan penyiapan bahan penyusunan kebijakan kerja sama di lingkungan Untirta;
  3. Melakukan pengumpulan dan pengolahan data kegiatan kerja sama;
  4. Melakukan penyusunan bahan sosialisasi dan publikasi produk kegiatan Tridharma Untirta kepada pemangku kepetingan;
  5. Melakukan penyusunan rencana pengembangan kerja sama;
  6. Melakukan penyusunan proposal kerja sama;
  7. Melakukan penyusunan rancangan naskah kerja sama;
  8. Melakukan administrasi kegiatan kerja sama;
  9. Melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan kerja sama;
  10. Melakukan penyusunan laporan pelaksanakan kerja sama;
  11. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  12. Melakukan penyusunan laporan Subbagian dan laporan Bagian;

Subbagian Hubungan Masyarakat

  1. Melakukan penyusunan program kerja Subbagian;
  2. Melakukan pengumpulan informasi dari unit kerja di lingkungan Untirta;
  3. Melakukan penyajian dan pemberian layanan informasi di lingkungan Untirta;
  4. Melakukan pengumpulan informasi dari masyarakat yang berkaitan dengan Untirta;
  5. Melakukan penyusunan bahan tanggapan terhadap berita yang dimuat media cetak dan elektronik serta pengaduan masyarakat;
  6. Melakukan urusan publikasi melalui media cetak dan elektronik;
  7. Melakukan penyusunan bahan pelaksanaan konfersi pers dan siaran pers;
  8. Melakukan penyiapan pelaksanaan konferensi pers dan siaran pers;
  9. Melakukan urusan promosi dan pameran;
  10. Melakukan evaluasi pelayanan informasi dan hubungan masyarakat;
  11. Melakukan penyimpanan dan pemeliharaan dokumen Subbagian; dan
  12. Melakukan Penyusunan Laporan Subbagian.

 

KEADAAN PEGAWAI BAKP PER JANUARI 2020

NO NAMA JABATAN NIP GOL
1 Drs. Mochamad Ganiadi, M.M. Kepala BAKP 196204221992031001 Pembina Utama Muda / IVc
2  Tb. Bahtera R., S.E, M.Si. KaBag Akademik dan Kemahasiswaan BAKP 196710112001121001 Pembina Tingkat I / IVb
3 Roudohtul Janah, S.E.  KaBag Perencanaan, Kerjasama & Sis Informasi 197905202005012003 Penata Tingkat I / IIId
4 Herry Sandjaya, S.E., M.M. Kasubag Kemahasiswaan dan Alumni BAKP 197609262005011003 Penata Tingkat I / IIId
5 Veronika Dian Faradisa, S.E, M.M.

Kasubag Humas 197609032003122001 Penata Tingkat I / IIId
6 Saimun, S.E., M.M.      Kasubag Perencanaan  197401022008101001 Penata/ IIIc
7 Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt.  Kasubag Kerjasama 197903172008102001 Penata / IIIc
8 Khaerul Kholqi, S.P. Kasubag Akademik dan Evaluasi 197508282005011001 Penata Tingkat I / IIId
9 Munawar Holil, S.E.  Kasubag Registrasi dan Statistik 197401142005011001 Penata Tingkat I / IIId
10 Nia Daruniati, S.E. BPP Non Kemahasiswaan 198504172014092002 Pengatur Muda Tingkat I/ Iib
11 Een Mardiyanti, S.Pd. BPP Kemahasiswaan 198403112006042002 Penata Muda Tingkat I / IIIb
12 Dewi Tejalasmanasari, S.Pd. Staff akademik 197209042008102001 Penata / IIIc
13 Lala Meilani,S.Pd Staff akademik 198005252015042002 Penata Muda / IIIa
14 Nia Nurulinsani Staff akademik
15 M. Satria Kusuma Staff akademik
16 Ivan Issa Fathony Staff akademik
17 Sri Fuji Astuti, A.Md. Staff registrasi dan statistik 197812042014092002 Pengatur Tingkat I/ Iid
18 Riana Hadiana,S.Si. Staff registrasi dan statistik 198104072015041001 Penata Muda / IIIa
19 Sriyanto, S.M. Staff registrasi dan statistik
20 Ade Bastian, A.Md., Kom. Staff perencanaan 197912072009121002 Pengatur / IIc
21 Fashihatus Sa’niyah, S.Si. Staff perencanaan 198801302015042002 Penata Muda / IIIa
22 Yudha Diansyah, S.Si. Staff perencanaan
23 Asep Muamar, S.E. Staff perencanaan
24 Nida Farida, S.E., M.M. Staff perencanaan
25 Tb Yudi Sudrajat Staff kerjasama 197808282008101001 Pengatur / IIc
26 Wahyudin Staff kerjasama 197511092009101001 Pengatur / IIc
27 Susilawati, S.E. Staff kerjasama
28 Rahmat Dwi Baktiono, S.E., M.M. Staff humas 198503122014041001 Penata Muda Tingkat I / IIIb
29 Mohamad  Maman Suherman Staff humas 197305052007101002 Pengatur Muda / IIa
30 Ikeu Yuliawati Ningsih, S.E. Staff humas
31 Adhitya Angga Pratama, S.I.Kom. Staff humas
32 Tb. Mohamad Arif Staff humas
33 Sekar Ageng Cendekia, S.I.Kom. Staff Humas
34 Yayan S Ryan Staff Kemahasiswaan 197307262008101001 Penata Muda Tingkat I / IIIb
35 Gina Fithria, S.Pd. Staff Kemahasiswaan 198608032014042000 Penata Muda / IIIa
36 M. Rachmatullah, S.Pd. Staff Kemahasiswaan
37 Nuryadi, S.E. Staff Kemahasiswaan
38 Supriadi Staff Kemahasiswaan
39 Abdurrohman, S.Pd., M.Pd. Staff Kemahasiswaan
40 Angga OB