Untirta dan Dinas Kesehatan Provinsi Banten Jajaki Kerjasama

Diposting pada

Serang – Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST., MT menerima kunjungan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten Dr. dr. Hj. Ati Pramudji Hastuti, MARS beserta jajaran dalam rangka penjajakan kerjasama sector pendidikan dan kesehatan. Acara berlangsung di ruang rapat Rektor Geung Rektorat lt. 4 untirta Kampus SIndangsari (28/4). Hadir pula pada kesempatan Wakil Rektor Bidang 2 Untirta H. Kurnia Nugraha, ST., MT, Dekan Fakultas Kedokteran Untirta Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D didampingi Wadek 2 dan 3.

Rektor Untirta menyampaikan bahwa pembangunan kesehatan merupakan prioritas bagi Provinsi Banten dan juga termasuk secara parallel mengakselerasi Fakultas Kedokteran Untirta yang akan mengisi pos-pos tenaga kesehatan professional yang ada di Banten. “Pak Gubernur berharap banyak dari FK Untirta. Begitu pula program yang dimiliki oleh Dinas kesehatan harus juga tersosialisasi masiv kepada masyarakat, karena ini merupakan program penting sebagai upaya peningkatan mutu dan kualitas kesehatan di Banten”, ujar Rektor. Rektor langsung memberikan arahan untuk melakukan tindak lanjut berupa pembahasan kerjasama secara teknis melalui Wakil Rektor Bidang 4, 2 dan FK Untirta.

Dr. dr. Hj. Ati Pramudji Hastuti, MARS Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten menyampaikan bahwa Banten masih kekurangan tenaga kesehatan. “Kami telah membuat program internship bagi mahasiswa FK. Kami berharap nanti mahasiswa Fk Untirta dapat mengikuti program tersebut. Dengan program ini, daerah yang kekurangan tenaga bisa terbantu, dan kebanyakan mahasiswa yang telah mengikuti internship akan kembali ke Banten”, imbuh Kepala Dinas Kesehatan. Selain program terkait FK, Dinkes juga berharap dapat melakukan kerjasama dengan jurusan-jurusan terkait yang bersinggungan dengan kesehatan. “Saya yakin dengan kolaborasi antara DInkes dengan dunia pendidikan maka peningkatan derajat kesehatan dapat tercapai dengan baik”, ujarnya.

Beberapa hal yang dapat dicatat pada pertemuan tersebut diantaranya Dinas Kesehatan Provinsi Banten tengah mempersiapkan pembangunan beberapa rumah sakit diantaranya yaitu pembangunan rumah sakit Cilograng dan Labuan. Selain itu juga akan di bangun rumah sakit jiwa dan ketergantungan obat. Target lainnya yaitu RSUD Banten menjadi RS rujukan Provinsi kedua setelah RSUD Tangerang, mengembangkan program internship, pembangunan RSUD Banten delapan lantai yang ditargetkan selesai di bulan November 2021, pusat penanganan kekerasan, pembangunan rumah duka, gedung pembelajaran tiga lantai, gedung rawat inap kebidanan dan anak, dan tenaga kesehatan dengan penugasan khusus.

Rektor Untirta akan mendorong kolaborasi dan sinergitas ini sesuai dengan porsi dan aturan yang ada, sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Banten khususnya dalam hal pendidikan dan kesehatan. Pada akhir kesempatan, Rektor beserta jajaran juga mengucapkan terima kasih kepada DInas Kesehatan Provinsi Banten yang telah memfasilitasi program vaksinasi covid-19 di Untirta yang berjalan dengan sukses dan lancar sesuai dengan target yang telah ditetapkan.