Untirta MoU Dengan Kamar Dagang Dan Industri (KADIN) Kabupaten Serang Untuk Mewujudkan Program Kampus Merdeka

Diposting pada

SERANG, (Selas,07/07/2020) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa kembali melakukan penandatangan nota kesapahaman (MoU) dengan Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Serang wilayah Provinsi Banten pada hari Selasa (07/07) bertempat di Meeting Room Hotel Horison lt.2, dikemas dalam acara dengan topik Pengembangan Pendidikan, Kewirausahaan dan Bisnis. Selain Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT., dihadiri pula Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Dr. H. Aceng Hasani, Drs., M.Pd., Kepala Biro Akademik, Kerjasama dan Perencanaan Drs. Mochamad Ganiadi, MM., Kabag. Perencanaandan Kerjasama Roudohtul Janah, S.E., Kasubag Kerjasama Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt. beserta Jajarannya, Wakil Bupati H. Pandji Tirtayasa, Ketua KADIN Bpk. Agus Firman Sundari beserta jajarannya. Kedua pihak baik dari Untirta dan KADIN sesama mitranya menyaksikan penandatangan MoU antara Untirta dengan KADIN Kabupaten Serang. Penandatangan MoU ini langsung ditandatangani oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT, dan Ketua KADIN Kabupaten Serang Bapak. Agus Firman Sundari.

Dalam sambutannya, Bapak. Agus Firman Sundari selain memaparkan kemajuan yang telah diraih KADIN selama dua tahun terakhir ia juga memberikan dukungan dan menyambut baik program kampus merdeka yang diluncurkan oleh kemendikbud. KADIN Kabupaten Serang siap bersinergi dengan perguruan tinggi khususnya Untirta yang merupakan perguruan tinggi terbesar di Banten” tuturnya. Lebih lanjut Ketua KADIN Kabupaten Serang ini menjelaskan salah satu upayanya untuk melaksanakan  Program dalam usaha meningkatkan SDM, Kewirausahaan dan Bisnis mampu dipercaya  dengan melakukan kerjasama  dengan perguruan tinggi yakni Untirta. Menurutnya Untirta telah menjadi universitas negeri terbaik di Banten dan KADIN Kab. Serang akan mendukung kebijakan kampus merdeka dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. “Informasi dari pak Rektor dalam program kampus merdeka saat ini memungkinkan mahasiswa magang di Industri diwilayah Kabupaten Serang selama 2 semester dan di nilai sama dengan 40 sks” terangnya.

Sementara itu Rektor  Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT diawal sambutannya mengucapkan apresiasi terhadap  atas nama institusi kami mengucapkan terimakasih  kepada Wakil Bupati yang telah menginisiasi Pelatihan Keperawatan Pemkab. Serang, semoga menjadi amal Zariah yang mengalir bagi kita semua ucapnya. Selanjutnya Prof. Fatah menyampaikan apresiasi terhadap cepatnya KADIN Kab.Serang merespon kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait program kampus merdeka. Menurut Rektor, ada 4 poin yang menjadi amanat dari program kampus merdeka 2 poin diantaranya butuh keterlibatan industri. “ yang pertama yaitu mandat untuk memberikan program magang bagi mahasiswa seluruh perguruan tingggi negeri oleh industri ini kita apresiasi 2 semester setara 40 SKS”.Ujarnya. Dengan adanya point tersebut mahasiswa dapat memberikan sumbangsih pemikiran termasuk kompetensi yang dimiliki diseluruh bidang.  Lanjut Fatah menjelaskan point kedua, kampus diberikan ruang untuk membuka prodi sesuai kebutuhan industri. “Kita bersama KADIN Kab.Serang diberikan kebebasan untuk membuka prodi sesuai permintaan industri yang penting ada komitmen bersama dukungan industri berkelas dalam KADIN sebagai wadahnya usaha dan bisa berkolaborasi bersama Untirta”katanya. Terkait hal tersebut untuk memujudkan poin kedua ini cukup dengan Surat Keputusan Rektor karena untirta sudah terakreditasi A. Peran KADIN sangat penting dalam inisiasi, kolaborasi, berkoordinasi untuk menyambut kurang lebih 12.000 mahasiswa Untirta disiapkan kedepannya untuk membangun  khususnya diwilayah Kab.Serang dijembatani oleh KADIN Kab. Serang di Provinsi Banten pada Umumnya.

Diselang Acara Wakil Bupati H. Pandji Tirtayasa menambahkan uraian atau tanggapannya terhadap kerjasama antara Untirta dan KADIN Kab. Serang Mengapresiasi untuk saling membangun terutama entrepreneur berbasis pendidikan dan kewirausahaan bukan enterpreneur yang tumbuh secara alami. Kemudian bisa bangun membangun kerjasama saling menguntungkan berperan karir jadikan peluang-peluang ekonomi dalam tumbuh kembangnya Untirta terbesar di Banten sebagai kampus kebanggaan kita bersama, jangan sampai pengusha lokal kita jangan jadi penonton diwilayah usahanya sendiri.”Ujarnya.(tbmarif)