TIM PPE UNTIRTA PROGRAM BNPB TINJAU LOKASI PEMBINAAN EKONOMI DI PANIMBANG PANDEGLANG

Diposting pada

TIM PPE UNTIRTA PROGRAM BNPB TINJAU LOKASI PEMBINAAN PEMBINAAN EKONOMI DI PANIMBANG PANDEGLANG

Pandeglang-TIM Pembinaan Pendampingan Ekonomi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Program Badan Nasional Penanggulangan Bencana (PPE Untirta) meninjau lokasi warga terdampak bencana tsunami Banten, Minggu, 23 Mei 2021 di lokasi hunian tetap (huntap) Desa Mekarsari dan Desa Cikadu-Tanjung Jaya Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang dimana merupakan lokasi hunian tetap yang dibangun oleh BNPB RI bagi masyarakat yang terdampak tsunami.

Kedatangan TIM PPE Untirta yang diterima oleh Raman, wakil ketua dari salah satu kelompok yang mendapatkan pendampingan ekonomi tahun sebelumnya. Raman menyambut baik kedatangan tim dalam rangka melakukan koordinasi awal untuk pelaksanaan kegiatan Pembinaan Pendampingan Ekonomi tahun 2021, dimana tahun sebelumnya kepada warga tersebut telah dilakukan pendampingan ekonomi beserta pemberian bantuan alat produksi untuk pembuatan handycraft dan kuliner bahari.

Berbeda dengan tahun lalu yang prioritas kegiatan pendampingan ekonomi lebih bersifat pada penguatan kapasitas kelompok dan pemberian bantuan alat produksi, namun untuk tahun ini Untirta diberikan kepercayaan kembali oleh BNPB untuk melanjutkan pembinaan dan pendampingan ekonomi kepada warga terdampak tersebut dengan prioritas, yaitu; pendampingan dan pembinaan aspek manajemen, pembinaan inovasi teknis produk, fasilitasi kerja sama dengan calon pembeli potensial, peningkatan kapasitas kelompok, dan fasilitasi dengan pemda dan instansi terkait lainnya untuk keberlanjutan program tersebut. Demikian hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Tim PPE Untirta, Dr. Indra Suhendra, SE., M.Si.

Menurut Indra, Timnya berkewajiban melatih secara teknis dan manajerial kelompok binaan tersebut dan memfasilitasi temu bisnis dengan mitra strategisnya, pembeli potensial dan stakeholders terkait. Disamping itu, kami juga ke depannya akan memfasilitasi untuk dilakukannya koordinasi dengan pihak BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten Pandeglang dan OPD lainnya dalam rangka sinergitas program kerja daerah untuk kebelanjutan program ini di masa yang akan datang. Lanjut Indra kepada media.

Melalui sinergitas program tersebut, harapannya pembinaan dan pendampingan ekonomi yang dilakukan oleh BNPB pada tahun lalu dan tahun ini, selanjutnya dapat diteruskan oleh pemerintah daerah setempat melalui pemanfaatan program-program sejenis yang ada di pemerintah daerah ataupun stakeholders lainnya, tutup Indra.

Setelah kegiatan ini, dalam waktu dekat Tim akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Pandeglang dan instasi terkait untuk mendukung kelancaran program tersebut (Vero).