bjbpreneur on Campus Untirta, Konsep ‘Sustainability Business’ Mahasiswa Diharapkan Dapat Menjadi Entrepreneur Muda yang Mandiri

Diposting pada

SERANG- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melalui UPA Pengembangan Karier dan Kewirausahaan bersama Bank BJB menggelar kegiatan Talkshow bjbpreneur on campus, bertajuk “Bisnis Berkelanjutan, UMKM Maju.” melalui bjbpreneur, Bank BJB mendukung pelaku UMKM muda untuk berkontrubusi dalam bisnis berkelanjutan untuk mewujudkan Future for Sustainability.

Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., beserta seluruh jajaran civitas academica Untirta, Deputi CEO Regional kantor Wilayah 4 Kurniawan Teguh Arianto, pemimpin bank bjb Kantor Cabang Khusus (KCK) Banten Ujang Aep Saefullah, dan manajer pusat bank bjb Aksoro.

Hadir pula dalam kegiatan kali ini kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Dr. Ipah Ema Jumiati, S.I.P., M.Si., dan Vice President of ESG FKS Betrice sebagai pembicara dalam kegitan talkshow kali Ini.

Rektor Untirta menyambut baik program bjbpreneur dan mengapresiasi para pejuang pelaku UMKM. Menurutnya bagi para pelaku umkm atau yang baru mulai berwirausaha harus dapat mengembangkan sikap dan sifat Jawara yang kreatif, inovatif, haus ilmu, toleran serta kolaboratif yang tercermin dari tokoh banten Sultan Ageng Tirtayasa dan Syekh Nawawi Al-Batani yang merupakan seorang Intrepeneur sejati pada zamannya.
“Semangat kolaborasinya salah satunya hari ini melalui bjbPreneur, kita sudah penandatanganan MoU kewirausahaan untuk nantinya akan difasilitasi magang dan Internship dan Untirta siap berkolaborasi dan berkontribusi untuk kemajuan intrepeneur muda di Indonesia khusus nya di Banten,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar di Gedung Auditorium, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, pada Senin (04/03/2024). Dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama antara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk mengenai pelaksanaan kegiatan sosialisasi program bjbpreneur 2024
Deputi CEO Regional 4 bank bjb Kurniawan Teguh Ariwianto mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Untirta untuk menggelar program bjbPreneur, ini juga salah satu program inkubasi yang berkelanjutan.

“Kami akan melakukan proses seleksi dan mentoring kepada seluruh pelaku usaha sehingga lahirnya bjbPreneur, harapan lainnya adalah muncul enterpreneur yang relevan dengan Sustainable Development Goals,” katanya.

Dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat menambah insight baru dari narasumber dan hal-hal yang berkaitan dengan produk bjb. Serta bjb siap bersinergi dan berkolaborasi bersama Untita, Tambahnya.

Askoro selaku manajemen pusat bank bjb yang turut hadir dalam acara ini mengundang seluruh sektor UMKM Indonesia yang potensial dalam program pemberdayaan masyarakat bank bjb dengan 3 pilar prioritas pengembangan: womenpreneur, agripreneur, digipreneur
“Indonesia banyak pelaku UMKM yg pinter tetapi kurang preneur, bjb ingin membangun kembali dna-dna entrepreneur,” imbuhnya.
Dr. Ipah Ema Jumiati selaku Kepala UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan sekaligus pembicara pada talkshow ini juga menyambut sangat menyambut baik bjbPreneur dan berhaharap lulusan untirta menjadi mahasiswa berwirausaha mandiri.

“Saya sangat menyambut baik dari bjbPreneur untuk mencari talent baru penggiat UMKM dari kalangan mahasiswa karena unit yang saya gawangi, salah satu tugas dan substansinya adalah mendorong siswa dalam usaha baru dan itu merupakan pembangunan yang berkelanjutan,” katanya.
Acara selanjutnya diisi dengan Pemaparan Beatrice Susanto. Ia memaparkan mengenai pentingnya bisnis berkelanjutan yang memberikan dampak yang besar pada lingkungan sekitar.

Bisnis keberlanjutan dapat memberikan dampak yang baik bagi peningkatan bisnis, sebab contoh keberlanjutan pertanian atau umkm petani itu misalnya mereka sangat alergi ketika diarahkan untuk naik kelas, mereka merasa perusahaan itu memiliki tanggung jawab sosial yang besar. Jadi harus memiliki konsep kemandirian, dan bagaimana seorang entrepreneur memiliki mindset untuk maju dan mandiri.
Sebagai Penutup Acara, para peserta diajak berkunjung ke belasan stand UMKM yang turut meramaikan kegiatan ini mulai dari produk kuliner, Fashion, dan kerajinan dan layanan Jasa.

Melalui bjbpreneur, bank BJB mendorong pelaku atau yang baru memulai usaha untuk terjun menjadi pemain dalam bisnis berkelanjutan untuk wujudkan Future for Sustainability (MTP/GWN/HIS/AAP)