LPMPP Untirta Gelar Workshop Persiapan Akreditasi Internasional Program Studi

Diposting pada

Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Workshop Persiapan Akreditasi Internasional Program Studi di ruang Multimedia gedung Rektorat Untirta, Senin (03/04). Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman selaku Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. Asep Ridwan selaku Wakil Rektor bidang II, Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono selaku Kepala LPMPP beserta tim, Tubagus Bahtera Rohimudin, M.Si selaku Kabiro BAKK Untirta, para Dekan, dosen, serta tim task force Akreditasi Internasional Untirta. Turut hadir pula Prof. Dr. Ir. Leni Sophia Heliani, ST., MT., IPU, Kepala Pusat Pengembangan dan Pendampingan Akreditasi Internasional UGM, sebagai narasumber.

Prof. Dr. Ir. Wahyu Susihono dalam sambutannya menyampaikan bahwa banyak fakultas yang mengajukan program studinya untuk akreditasi internasional. “Sejauh ini, banyak fakultas yang telah mengajukan program studi yang sudah terakreditasi A untuk ditindaklanjuti di kancah internasional, seperti FIBAA, ASIIN, dan lain sebagainya,” ucapnya. Beliau berharap kegiatan ini akan membantu semua fakultas dan program studi memahami persiapan yang diperlukan serta tahapan yang akan dilakukan.

Rektor Untirta juga menyampaikan bahwa sudah saatnya Untirta berpikir ke depan. “Bagi yang sudah terakreditasi unggul, jangan berhenti di sana. Manfaatkan kesempatan yang diberikan pusat untuk mencapai standar yang lebih luas, kita targetkan akreditasi internasional,” ujar beliau. Rektor optimis bahwa dengan infrastruktur yang dimiliki saat ini, Untirta mampu bersaing di kancah internasional.

Sebagai tambahan, Untirta sudah memiliki empat jurusan bersertifikasi internasional dari AUN-QA (Asean University Network Quality Assurance) dengan predikat “Adequate as Expected”, yaitu jurusan Administrasi Publik, Pendidikan Matematika, Pendidikan Non-Formal, dan Teknik Industri. Pada bulan Februari lalu, Untirta juga melaksanakan Akreditasi Internasional Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). (PPVA/AAP)