Rayakan Hari Buku Nasional, Harbukfes 2024 di Untirta akan Datangkan Ria Ricis Sampai Najwa Shihab

Diposting pada

SERANG-Unit Penunjang Akademik (UPA) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) dan Ikapi Banten merencanakan kegiatan Hari Buku Nasional yang diperingati di bulan Mei bertajuk ‘Harbukfes 2024’ dengan tema ‘Inspirasi Literasi untuk Semua’. Pelaksanaan Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 13-19 Mei 2024 di Lab Terpadu Kampus Untirta, Sindangsari.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala UPA Perpustakaan Untirta Dr. Firman Hadiansyah, M.Hum., Ketua Ikapi Banten Andi Suhud Trisnahadi, ketua Influencer dan Content Creator Network (ICN) Banten Ovie Leonard yang dikenal dengan Rambo Banten.

Menurut Firman, kegiatan akan diisi dengan beberapa kegiatan seperti workshop keliterasian dengan mengundang tokoh literasi nasional di antaranya Duta Baca Nasional Gol A Gong, Najwa Shihab, Maman Suherman, Dr. Neng Dara Affiah, M.Si., Ria Ricis, Andika Hazrumy, Edi Bonetski (literasi visual) dan lain sebagainya.

“Najwa Shihab kita undang untuk menceritakan bagaimana literasi dan anak muda. Terkait dengan sponsorship kita terus berusaha misalnya ke mitra perbankan, dunia usaha serta pemerintah. Mudah-mudahan bisa terlibat,” ujar Firman dalam rapat rencana kegiatan Harbukfes di Kantor UPA Perpustakaan, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Jumat 19 April 2024.

Sementara Andi mengatakan, hal yang paling menonjol untuk persiapan kegiatan ini adalah terkait teknis dengan keterlibatan para penerbit “Teknisnya akan melibatkan puluhan penerbit nasional termasuk menjadi partner kita sekarang yakni Readevouz dari Republika.

“Readevouz dari Republika akan mengundang 80 penerbit nasional termasuk buku khusus seperti buku braille dan kitab-kitab pesantren karena analisis kita terakhir melaksanakan Harbuknas di Untirta tahun 2021 itu lebih banyak peminatnya buku untuk pesantren,” katanya.

“Kita juga akan bergerak terkait dengan sponsor ini dan salah satu langkah yang dalam waktu dekat ditempuh adalah sosialisasi atau promosi. Promosi mulai minggu depan kita gencarkan dan kami harap gaungnya bisa meledak karena akan ada diskon besar-besaran hingga 80%” imbuh Andi.(HI/AAP/ast)