Untirta-Kemenkes Sepakat MoU Kerja Sama Pendidikan Kesehatan Jiwa

Diposting pada

Jakarta,- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan rapat MoU dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia melalui daring(Zoom) Senin (22/4/2024). Hadir dalam kegiatan ini Wakil rector 4 Untirta Prof. Dr. Alfirano, ST., MT., Ph.D., Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) dan jajaran, Ketua Pokja Kerja Sama Untirta Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt., Kepala UPA  Bimbingan Konserling Dr. Evi Afiati, S.Pd., M.Pd., Project Manager Officer Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes Syahrul Efendi dan tim.

Prof. Alfirano menyampaikan, pada draf MoU yang dilakukan ini perlu lebih spesifik dijabarkan karena draf MoU yang dibahas masih dalam bersifat umum. “Bentuk kerja samanya berupa apa apakah berupa PKS atau implementation agreement atau seperti apa perlu dispesifikan,” ujarnya.

Dekan FKIK Dr.dr. Omat juga menyampaikan, kerja sama ini tidak hanya sampai pada pendidikan kesehatan jiwa yang masih dalam lingkup program tridharma perguruan tinggi.

“Kami menyambut sangat baik dan terbuka dengan kerja sama ini. Dalam hal Kesehatan jiwa di lingkungan Untirta saya pikir kerja samanya bisa diperluas karena di FKIK punya lima prodi. Jadi ke depan dengan lingkup Kemenkes yang cukup luas bisa diperluas,” ujarnya.

“Bahkan dalam waktu dekat ini juga membangun beberapa fasilitas pendidikan yang mendukung pada pendidikan tidak hanya terbatas hanya tridharma perguruan tinggi melainkan kerja sama yang sifatnya lebih luas bisa kita minta fasilitasi melalui kerja sama dari Untirta secara prisnip seminar atau kegiatan lain kita akan dukung penuh sebisa mungkin,” tambah Dr. dr. Omat.

Syahrul mengatakan, kerja sama ini merupakan bentuk dari kerja sama Kesehatan yang selama ini baru berlangsung di Tingkat sekolah terkait dengan pendidikan kesehatan jiwa. “Mengakomodir pembelajaran Kesehatan dan keterlibatan kampus Kesehatan untuk pembelajaran Kesehatan jiwa bagi mahasiswa karena selama ini yang sudah berjalan itu di tahap mulai dari PAUD sampai SMA,” katanya.(TMA/AAP)