Status Darurat Covid-19 Dicabut, Pusat UTBK Untirta Tetap Imbau Penggunaan Masker

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 115/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 

SERANG – Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023 di Pusat UTBK Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memasuki hari keempat pada Kamis (11/5). Kendati WHO (World Health Organization) telah resmi mendeklarasikan pencabutan status Covid-19 sebagai darurat kesehatan global, Pusat UTBK Untirta mengimbau penggunaan masker selama ujian berlangsung sebagai tindakan preventif atas potensi penularan virus Covid-19 yang sebenarnya tidak sepenuhnya hilang.

“Virusnya tetap ada sampai kapan pun, tidak akan pernah hilang. Tapi bisa dikatakan mirip flu biasa dengan ada potensi kenaikan kasus 3 atau 6 bulan sekali,” ungkap Ngabila Salama, Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi, dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dilansir dari iNews.

“Status kegawatdaruratan global COVID-19 telah dicabut World Health Organization (WHO) pada 5 Mei 2023, tetapi hal ini bukan berarti pandemi Covid-19 sudah selesai. Kasus Covid-19 masih ada. Sesuai himbauan pemerintah kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan harus tetap jalan, di antaranya penggunaan masker saat sakit flu, kontak erat dengan pasien konfirmasi/suspek COVID-19, dan berada di ruang tertutup dengan banyak orang,” terang Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran Untirta, dr. Siti Darifah, M.K.K.

“Saat UTBK ini peserta berada di ruangan tertutup. Oleh sebab itu, sesuai dengan himbauan dari pemerintah Kemenkes, maka baik peserta ataupun pengawas diminta untuk memakai masker. Hal ini diperkuat dengan SOP dari Panitia pusat UTBK-SNBT untuk memakai masker,” lanjutnya.

Hand sanitizer dan beberapa kotak masker tersedia di lokasi UTBK Untirta dan dapat digunakan oleh panitia dan peserta yang membutuhkan. Sejumlah tenaga medis dari Fakultas Kedokteran Untirta pun bersiaga di lokasi ujian Pusat UTBK Untirta untuk memberikan pertolongan pertama kepada peserta yang tidak sehat. Beruntung, dari 1.170 peserta yang dijadwalkan mengikuti ujian hari keempat, tidak ada yang mengeluhkan sakit pada saat ujian berlangsung. (SAC/ AAP/ VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737