UPP Kearsipan Untirta Selenggarakan Bimtek Menuju Untirta yang Akuntabel

Diposting pada

Rabu.16/06/2021. UPP Kearsipan selengarakan agenda Bimtek di ruang Multimedia Gedung Rektorat Kampus Untirta Sindangsari dimulai pukul 09.00 WIB dengan tidak memakan waktu panjang acara tersebut dipadatkan yang rencananya 1 hari menjadi ½ hari lamanya , acara dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, ST., MT., Kepala BAKP Drs. Mochamad Ganiadi, MM., Kepala LPPM Dr. Rusmana, Ir., MP., dan Para kepala UPT dan perwakilan dari setiap Fakultas di lingkungan Untirta. Dan acara kegiatan Bimtek dilaksanakan secara offline dihadiri sebanyak 45 orang diawal acara dan peserta undangan Bimtek sebanyak 20 orang peserta dengan mematuhi standar protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai Masker rangkap, Mencuci tangan dengan Handsanitizer dan menjaga jarak.

Pada agenda kali ini Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. Fatah Sulaiman, ST., MT., tidak bisa untuk berkenan hadir karena sesuatu hal tetapi tidak mengurangi semangat dari para peserta Bimtek untuk terus mengikuti agenda acara dengan menyimak mulai dari awal acara sampai akhir materi atau Bimtek apa yang telah disampaikan oleh narasumber dari ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) ibu Dra. Sulistyowati, MM.

Diawal sambutan Ketua UPP Kearsipan Sutji Ati, S.Pt., MM. menuturkan rangkaian acara Bimtek dengan Tema Pengelolaan Arsip Dinamis yang Akuntabel di lingkungan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Unit Pusat Pelayanan Kearsipan Untirta adalah mimik baru yang dibentuk pada tahun 2021 sebagai tindak lanjut amanat Undang-Undang N0. 43 tahun 2009 tentang kearsipan. Agenda Bimtek yang diselenggarakan sebagai suatu bentuk bukti Untirta  berpandangan sangat baik terhadap kearsipan, dan perlu kita ketahui bersama bahwa kearsipan merupakan sangatlah penting untuk mengarsipkan segala kegiatan dan aktifitas yang harus di arsipkan secara baik dan aman, maka dari itu mari kita bersama-sama mengarsipkan segala bentuk apapun kegiatan dan aktifitas lainnya supaya di arsipkan agar tidak tercecer, berserakan, rusak ataupun hilang.

Sambutan Rektor Untirta yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, ST., MT., selain membuka secara simbolis acara kegiatan Bimtek beliau ucapkan syukur dan selamat kepada para peserta Bimtek supaya terus bersemangat mengikuti kegiatan sampai dengan selesai  dan ucapkan terimakasih kepada pemateri yaitu narasumber dari pusat ANRI.

Ungkap H. Kurnia Nugraha berharap pada waktunya kedepannya nanti UPP Kearsipan akan menjadi UPT Kearsipan sebagai pusat kearsipan dimana bisa menata dan menyimpan rapih data-data di lingkungan Untirta dengan baik karena Arsip-arsip bersifat penting dimana dokumen-dokumen yang disimpan yang akan nantinya akan menolong sebagai bahan Evaluasi.

Kemudian dengan maksud diselenggarakannya Bimtek dan sarananya adanya UUP Kearsipan para Manajement Pimpinan Universitas berkomitment bahwa kearsipan adalah bagian terpenting dan betul-betul butuh proses secara bertahap dengan keterbatasan kita utamakan dan persiakan gedung arsip yang dulunya Perpustakaan. Dan kemudian kita tata bagaimana cara nya dokumen-dokumen yang berada di unit-unit, Fakultas, jurusan dan prodi-prodi yang ada dapat bergeser atau pindah ke UPP kearsipan, karena bahwa arsip tesebut punya Untirta dan bersifat penting atau rahasia seperti dokumen-dokumen akreditasi dan sebagainya agar tidak berserakan apalagi sampai hilang atau hancur.”imbuh beliau

Sehingga dengan adanya pusat arsip kita bisa lebih rapih dan menata agar kedepannya pusat arsip secara institusi bisa menjadi pegangan, besar harapan kepada pengurus atau UPP Kearsipan Untirta dimohon berkenan supaya tidak bosan-bosan dan bekerja dengan hati agar tdak terasa terbebani sehingga pola-pola yang didapat bagaimana caranya terprogram dengan baik. Sesuai misi Untirta terintegrasi  akuntabel sebagai kampus yang smart and green campus di tingkat Asean 2030.(tbmarif)