USAID-LPDP Buka Beasiswa ‘Full’ S3 untuk Dosen PPG Untirta

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 51/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 

SERANG-Dalam rangka meningkatkan kapasitas pendidik di perguruan tinggi, BPPT Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia (RI) beekrja sama dengan USAID dan TEMAN LPDP mencoba menjaring pendaftaran Pathway Program Persiapan Studi Doktor Luar Negeri Khusus Dosen Pendidikan Profesi Guru.

Penjaringan ini ditandai dengan kedatangan Ketua BPPT Anton Rahmadi, S.TP., M.Sc., Ph.D., dan tim, Chief of Party TEMAN LPDP Mira Sambada dan tim ke Untirta pada Senin 27/2/2023). Kedatangan ini disambut hangat oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Dekan Wakil Dekan FKIP Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Penguatan Kemitraan Damanhuri, M.Pd., Ketua Pusat Layanan Internasional (Pelita) Dr. Udi Samanhudi, Ketua PPG, Kaprodi PGSD, Sekjur PPG, Sekjur PGSD dan staf.

Anton pada paparannya mengatakan, penjaringan ini dimulai pada 27 Februari 2023 sampai 4 April 2023 dengan target peserta 40 orang sementara untuk yang lolos ditargetkan 20 orang dari PTN seluruh Indonesia. Adapun yang lolos nanti akan terbang menuntut ilmu ke Amerika yang dalam hal ini merupakan basis dari USAID.

“Jadi intinya kami mendukung program pathway-nya, karena kita bekerja sama dengan USAID maka kita prioritaskan berangkat ke Amerika. Untuk beasiswa full empat tahun. Mudah-mudahan setelah kunjungan ini secara teknis melalui Pak Udi atau yang mewakili bisa lancar,” papar Anton.

Ia menjelaskan, penjaringan ini dapat diikuti oleh dosen yang belum pernah mendapatkan beasiswa S3 dan memiliki NIDN dengan catatan dosen honorer/BLU atau sejenisnya dan ASN. Sementara bagi dosen P3K tidak diperkenankan berdasarkan aturan Kementerian PAN-RB.

Prof. Fatah antusias pada program penjaringan ini karena ini sesuai dengan value JAWARA yang dicanangkan dan untuk menuju kampus bertaraf internasional.

“Nanti secara teknis segera diselesaikan dan mudah-mudahan dari Untirta misalnya adalah yang lolos delapan orang atau lebih dan bisa berpartisipasi aktif pada program ini,” jelasnya.(HI/AAP/VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737