Untirta Peduli Bersama Fakultas Kedokteran Untirta Sigap Dirikan Posko Penyuluhan & Pelayanan Kesehatan Pasca Banjir

Diposting pada

Serang- Sigap Bencana banjir Untirta Peduli bersama Fakultas Kedokteran (FK) Untirta sebagai bentuk pengimplementasian tri dharma perguruan tinggi, dengan memberikan bantuan sembako sekaligus pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis kepada warga yang terdampak banjir di lingkungan Taman Angsoka Permai Kecamatan Kasemen Serang  Banten,  Minggu (6/3/2022). Bantuan kesehatan ini diberikan kepada warga sekitar Lingkungan Angsoka, dan kawasan Banten Lama. Hal ini dilakukan merupakan pengabdian Untirta (Untirta Peduli dan FK Untirta-Red) kepada masyarakat korban banjir Cibanten melalui penyuluhan, pelayanan kesehatan dan bantuan sembako gratis.

Dekan FK Untirta Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D menyampaikan, tujuan Fk Untirta bersama Untirta peduli dengan sasaran di dua titik tempat yaitu di Taman Angsoka Permai dan  Kawasan Masjid Agung Banten lama, Untirta akan mendirikan posco untuk 2 tim relawan yang melibatkan dosen dan mahasiswa FK Untirta dengan menekankan penyuluhan, edukasi, trauma healing dan pelayanan kesehatan kepada korban pasca banjir. Dan pastinya berbagai penyakit rawan datang terjadi usai banjir datang seperti penyakit gatal-gatal dan lain sebagainya. Saat di lapangan, memang banyak warga yang mengeluh akan gatal-gatal di beberapa bagian tubuhnya.

“Kita akan bagikan paket sembako dan kita juga memeriksa kesehatan warga. Sebab, setelah banjir itu rawan datang penyakit, karena paparan dari air banjir yang terkontaminasi bakteri, kita salurkan bantuan dikasemen yaitu kurang lebih 200KK ” tuturnya.

Menurut Farida, kegiatan ini terlaksana berkat dukungan dari bagian Kerja Sama, Rumah Tangga dan  Humas Untirta serta BPBD Provinsi Banten.

Pada kegiatan ini, hadir pula Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, S.T., M.T., yang disambut secara langsung oleh Heri Haryanto, ST., MT. Sekretaris UPT Smart, Green, and Sustainability Untirta.

Menurut keterangan dari Heri Haryanto, “bencana banjir kali lebih dasyat besarnya luapan sungai Cibanten akibat curah air hujan lebat sehari semalaman sehingga dampaknya sampai merendam sebagian besar perumahan penduduk Taman  Angsoka Permai,”paparnya.

Di Taman Angsoka Permai, selain saya Heri Haryanto ada juga beberapa Tendik dari Untirta ikut terdampak dari bencana banjir tersebut, Kami sebagai Tim Posco Peduli Bencana dan  warga setempat (Taman Angsoka Peermai-Red), menyampaikan rasa syukur, mengapresiasi dan terimakasih yang tak terhingga atas sigap dari bentuk kepedulian bencana dari Untirta khususnya Untirta Peduli bersama FK Untirta yang telah membantu meringankan kami akibat dampak dari bencana banjir sungai Cibanten, semoga atas kepeduliannya dijadikan sebagai ladang amal Zariah dan dibalas di Akhirat kelak,”tuturnya.

Sementara itu, Kurnia mengungkapkan, dengan adanya peristiwa banjir ini, ke depan Untirta berencana menyiapkan relawan Untirta Peduli yang fokus untuk membantu masyarakat.

“Karena misi kita adalah bermasyarakat, sesuai dengan tridarma perguruan tinggi, jadi saya kira perlu kita adakah relawan Untirta Peduli yang fokus memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.  (TbMA/HI/AAP/VDF/RJ)