Kejar Pemeringkatan Kerjasama, Untirta Sharing ke UNS

Diposting pada

Solo-Untuk meningkatkan raihan  indikator kerjasama di Untirta , Wakil Rektor 4 Bidang Kerjasama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri , Dr. Aceng Hasani, M. Pd bersama kepala BAKP Drs. M. Ganiadi, MM, Koordinator  Kerjasama , dan Humas , Veronika  Dian Faradisa, SE., MM, Subkoor Kerjasama Ratih Purnamasari, SE., M. Ak beserta Tim Kerjasama BAKP Untirta  mengunjungi Direktorat Kerjasama Universitas Sebelas Maret Surakarta hari   Kamis, 23 September 2021 di  Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kunjungan tim kerjasama Untirta diterima oleh Direktur beserta jajaran Direktorat Kerjasama, Pengembangan dan Internasionalisasi di ruang rapat UNS Inn . Universitas Sebelas Maret (UNS)  merupakan salah satu PTN yang bertransformasi dari PTN BLU menjadi PTN BH sesuai amanat  PP Nomor 56 Tahun 2020, telah  berhasil menduduki cluster satu serta masuk rangking dunia  bereputasi internasional .  Dijelaskan Irwan Tri Nugroho, Ph.D , atas amanat tersebut maka untuk mencapai visi pihaknya menargetkan  kerjasama nasional maupun internasional  baik akademik dan non akademik . Penting sekali pencapaian IKU kerjasama dari 8 IKU yang harus dicapai sesuai Kepmen No 75 tahun 2020. Diinformasikan bahwa saat pemeringkatan pada tahun 2020  UNS  masih tercatat sebagai PTN BLU dengan menduduki cluster satu dengan semua pencapaian 80 untuk semua indikator  dari satu hingga delapan diatas standar. Untuk tahun ini masih menunggu pengumuman dan sudah tercatat sebagai PTN BH.

Tanpa segan Irwan  memberikan strategi dan kiat-kiat raihan tersebut ke Untirta untuk mentransfer ilmu yang sudah diraih oleh UNS. Pihaknya sudah melebarkan sayap dengan menyiapkan beberapa strategi  program yang sudah diterapkan sehingga bisa mendobrak dan melesat . Untuk memperluas kerjasama kebijakan terkait kemitraan UNS membuka prinsip kerjasama tidak ada yang lebih tinggi maupun rendah. Dengan menerapkan kriteria mitra kerjasama penting sekali terutama yang bertaraf internasional / kelas dunia. Dari segi bisnis unit yang dipimpinnya berhasil memberikan banyak masukan untuk UNS terutama dari berbagai bisnis yang dikelolanya dapat membantu pemasukan bagi kampus meskipun diawal banyak menimbulkan keraguan, berhasil meyakinkan sivitas untuk tata kelola bisnis yang dijalankan timnya.

Atas perolehan tersebut Wakil Rektor IV Untirta, Aceng Hasani merasa bersyukur silaturahmi ini  mendapatkan banyak informasi dan pencerahan dari UNS yang berhasil meraih lompatan-lompatan. Untirta mencoba berlari untuk mengejar raihan tersebut. Disampaikan bahwa Untirta  memiliki Unit  Pengembangan , Kewirausahaan dan Inkubator Bisnis (UPBK) dan Pusat Layanan Internasional namun belum banyak yang bisa disentuh . Sudah memiliki Aplikasi Sistem Kerjasama (Sikerma) yang dikelola oleh sub bagian kerjasama untuk memudahkan sivitas dari layanan kerjasama tersebut . Pihaknya akan segera membuat strategi dari gambaran yang sudah UNS lakukan .  Menurutnya, potensi kerjasama dengan industri dan dunia usaha di Banten berpotensi positif untuk peningkatan PNBP Untirta, tidak  jika dengan potensi yang ada di Solo. Ka BAKP, M. Ganiadi  Untirta mengamini yang disampaikan oleh Warek 4 Untirta pihaknya belum optimal menyentuh Perguruan Tinggi maupun industri internasional  yang berkelas dunia. Untirta sedang menata remunerasi, terkait penyusunan kerjasama  masuk remunerasi dan menjadi acuan dan masuk dalam DIPA setelah sharing dari UNS ini bersama tim akan menyampaikan secara khusus kepada Rektor.  Menutup pertemuan Aceng Hasani berharap tahun ini kerjasama Untirta naik cluster,  dapat menjalin kerjasama yang baik dengan UNS (vdf)