PELEPASAN TIM PENDAMPING PROGRAM SMK-PK

Diposting pada

Telah berlangsung Webinar Silaturahmi sekaligus Pelepasan Tim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sebagai PT Pendamping Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggukan (SMK-PK) oleh Rektor. Kegiatan dilaksanakan secara Daring pada tanggal 8 Juli 2021 mulai Pk. 09.30 – 12.00 WIB. Acara dihadiri oleh pimpinan Untirta: Rektor, Wakil Rektor bidang Akademik Inovasi dan Hilirisasi Riset, Wakil Rektor bidang Keuangan dan Kepegawaian, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor bidang Kerjasama, Dekan Fakultas Teknik, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ketua LPPM, dan Ketua LP3M. Hadir mewakili Kepala Dinas dan memberikan kata sambutan, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Tim Inti Pendamping SMK-PK: Dr. Suhendar, Dr. Asih Mulyaningsih, Dr. Siswo Wardoyo, Moh. Fawaid, M.T., Sulaiman Deni R., M.Pd., dan Moh. Fathkurookhman, S.Kom., M.Pd.. Acara ini pun dihadiri oleh 7 (tujuh) Mitra SMK-PK beserta Tim-nya: SMKN 1 Cikande, SMKN 1 Kota Cilegon, SMKN 1 Kota Serang, SMK Attaufiqiyyah Kab. Serang, SMK Muhammadiyah Pontang, SMK Jaya Buana, dan SMKN 5 Kabupaten Tangerang, dan Koordinator Pengawas SMK, Bapak Moh. Nasir, M.Pd.

Tujuan utama Program SMK-PK adalah menjadi Pusat Peningkatan Kualitas dan Rujukan  bagi SMK lainnya, menghasilkan lulusan yang terserap dinia usaha dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA), dan menghasilkan lulusan menjadi wirausahawan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Suhendar, S.Pd., M.T. sebagai Ketua Tim PT Pendamping SMK-PK dalam paparan laporannya. Sebelum menutupkannya dengan melepas Tim Pendamping SK-PK, Rektor Untirta mengucapkan selamat kepada para Kepala SMK yang terpilih sebagai mitra SMK-PK. Selain itu, 3 (tiga) amanat penting disampaikan rector Untirta dalam paparan pelepasannya, yaitu  1) agar dapat menjalin kolaborasi antara Untirta dengan Mitra SMK-PK yang berkesinambungan sampai dengan pasca program pendampingan; 2) menjalin kerjasama intens dalam skala yang lebih luas lagi untuk kepentingan institusi Untirta dan mitra SMK melalui pemberian konstribusi nyata dan positif dalam rangkan membangun dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) bidang Kejuruan atau vokasional khusunya di Banten dan di tingkat nasional; 3) pencapaian target indikator kinerja utama (IKU) melalui kolaborasi kegiatan pendampingan yang melibatkan Tim Dosen Pendamping yang terdokumentasi dengan baik secara komprehensif. Selain itu, pasca pendampingan oleh Tim Untirta diharapkan adanya peningkatan SMK sebagai Pusat Keunggulan dan terwujudnya Link and Match SMK dengan DUDIKA termasuk pemanfaatan teknologi digital untuk membantu proses dan pemantauan keterserapan lulusan SMK oleh DUDIKA sehingga SMK-PK dapat menjadi getok tular bagi pengembangan SMK-SMK lainnya di provinsi Banten, demikian Rektor menutup paparannya sebelum secara resmi melepas Tim Pendamping SMK-PK secara simbolis.

Kepala bidang SMK Disikbud Provinsi Banten, Dr. Arkani dalam sambutannya menyampaikan kutipan pesan tokoh ulama Banten Syech Nawawi Al-Bantani, yaitu 1) barang sispa yang belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar maka dipastikan akan merasakan pedihnya kebodohan sepanjang hidupnya; 2) berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tetapi berusahalah untuk menjadi manusia yang berguna. Bersyukur karena Banten mendapatkan kepercayaan dari pemerintah atas ditetapkannya 34 SMK-PK dari sekitar 743-an dengan 56 Kompetensi Keahlian SMK di Provinsi Banten. SMK-PK menjadi harapan untuk menghasilkan lulusan yang terserap oleh industri mitra.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan singkat oleh setiap Kepala SMK-PK tentang Garis Besar Program SMK-PK yang akan dijalankannya untuk jangka waktu 6 bulan ke depan. Program prioritas SMK-PK mencakup bidang teknik otomotif, pemesinan, bisnis daring, hospitality, dan kerjasama luar negeri dalam bidang otomasi indutsri. Acara silaturahmi dan pelepasan ditutup dengan pemaparan teknis pendampingan yang disampaikan oleh Ketua Tim Teknis Dr. Siswo Wardoyo, M.Eng.

Demikian acara ini terselenggara secara virtual, semoga kami khususnya Tim PT Pendamping dan Mitra SMK-PK dapat menjalankan amanah program ini dibarengi dengan kesehatan wal’afiat lahir dan batin. Aamiin.