Humas Untirta-Unud Saling Berbagi Ilmu dan Pengalaman terkait AHD

Diposting pada

‏Bali-Tim Humas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang dikomandoi oleh Koordinator Humas dan Kerja Sama Veronika Dian Faradisa, S.E., M.M, dan Subkoordinator Humas dan Protokol Untirta Adhitya Angga Pratama, M.Ikom., melakukan studi banding terkait dunia kehumasan ke Universitas Udayana (Unud) Bali, Provinsi Bali, Kamis (4/8/2022). Pada kegiatan ini Tim Humas Untirta disambut dan ditemani oleh Koordinator Kerja Sama dan Humas Unud, Dra. Hamidiah Yunus. Pada pertemuan ini kedua pihak banyak membahas persoalan siaran pers, konferensi pers, Insan Humas Terpopuler pada Anugerah Humas Dikti (AHD) dan program-program yang menyangkut tentang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Pada acara ramah tamah yang berlangsung hangat tersebut, Dian mengungkapkan kekagumannya terhadap Kampus Unud yang mampu menorehkan prestasi di bidang kehumasan yang salah satunya adalah seperti Siaran Pers dan Konferensi Pers pada Anugerah Humas Diktiristek 2021.

“Kami sangat berterima kasih karena Unud telah berkenan untuk menyambut kami Untirta yang datang dari Banten. Dalam ‘media relations’, Humas Untirta berupaya masuk ke ranah kerja sama, kolaborasi dan salah satu yang bisa ditempuh adalah dengan kunjungan kerja yang bisa merekatkan silaturahmi,” ungkapnya di sela kegiatan di Ruang Rapat Rektorat Unud.

Dian menambahkan, siaran pers dan konferensi pers di Unud patut diacungi jempol dan Untirta berniat ingin belajar tentang ilmu dan pengalaman dari Unud terkait hal tersebut.

Menurut Hamidiah, dalam hal ini justru ia merasa Unud perlu belajar ke Untirta dan ia pun berharap suatu saat nanti bisa berkunjung ke Banten.

“Apa yang kita lakukan terkait Sipres dan Konpres seperti biasa yang dilakukan oleh Humas Kampus yakni meliput kegiatan, menyusun informasi berupa berita, menyusun bahan informasi (prospectus, booklet universitas), membuat materi informasi publik (banner, baliho, spanduk), publikasi internal (media sosial, website, dan majalah), publikasi eksternal (media cetak & elektronik), mengelola PPID dan LAPOR, berpartisipasi pada AHD,” tuturnya.

“Sebetulnya masih harus berlajar dengan Untirta yang mendapatkan banyak prestasi dinAHD tahun kemarin terutama soal insan humas terpopuler. Nah, di sini kami ingin tahu juga bagaimana kiat sukses untuk meraih kategori Insan Humas Terpopuler ini,” tambahnya.

Angga yang merupakan peraih Insan Humas Terpopuler 2021 memberikan kiat suksesnya di antaranya adalah karena keseriusan, kreativitas, inovasi, dukungan sivitas akademika, kedekatan dengan mahasiswa, dan editor yang memiliki kemampuan dan visi yang sama.

“Likes di medsos kita yang terbanyak juga berpengaruh, tetapi kesesuaian tema lebih berpengaruh. Harus menggunakan hashtag yang ditentukan,” jelas Angga.(HI/TMA/AAP/VDF)