Pelita Hadirkan Vera Syamsi, Ph.D dalam Short Course Series Session 2: Qualitative Data Collection

Diposting pada

Pusat Layanan Internasional Untirta (Pelita) menghadirkan Vera Syamsi, Ph.D dari Universitas Sampoerna Indonesia pada sesi kedua program Online Short Course Series yang membahas pengumpulan data pada penelitian kualitatif (Qualitative Data Collection). Acara yang diselenggarakan melalui platform Zoom pada Kamis 21 Oktober 2021 pukul 14.00 ini dihadiri oleh 140 peserta yang berasal dari berbagai kota dan universitas, seperti UNS, UNIMED, IKIP SILIWANIG, UPI, dan IAIN Sorong.

Dimoderatori oleh Dr. Aisyah Hamidiah, M.Pd, dosen Pendidikan Bahasa Inggris Untirta, pada sesi ini Dr. Vera memaparkan bahwa sebelum mengumpulkan data penelitian, seorang peneliti perlu mengenali terlebih dahulu tujuan penelitiannya. Dengan mengetahui tujuan penelitian, peneliti akan mampu menentukan fokus dan mengenali akar filosofis penelitian, sehingga mampu memilih teknik dan instrumen pengumpulan data yang sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian. Lebih lanjut, fans berat klub sepak bola Read Madrid ini memaparkan teknik-teknik pengumpulan data kualitatif, seperti interview (wawancara),  focus group discussion, documents (dokumen), audio & visual materials (materi audio & visual), observation (observasi), dan questionnaire (kuesioner).

Sesi ketiga short course akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2021 di waktu yang sama dengan narasumber Dr. Murti Ayu Wijayanti yang akan membahas analisis data kualitatif. Pastikan Anda tidak melewatkannya. (Pelita)