FKIP Untirta jadi Tuan Rumah Pertemuan FORKOM Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia

Diposting pada

Serang – Pertemuan Forum Komunikasi (FORKOM) Pimpinan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) se Indonesia pada hari Senin (29/01) di hotel Le Dian, Kota Serang. Hadir dalam agenda tersebut Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman selaku Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) beserta jajaran, Dekan FKIP Untirta Dr. H. Fadlullah, M.Si. beserta jajaran, Para Dekan FKIP se-Indonesia yang sekaligus merupakan anggota Forkom FKIP dan para tamu undangan lainnya serta turut hadir pula ketua Umum FORKOM Prof. Dr. M. Rusdi., S.Pd., M.Sc.

Dekan FKIP Untirta selaku tuan rumah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada 21 dekan dan perwakilan dekan yang hadir dalam acara tersebut. “Sebagai Dekan baru di FKIP, saya merasa senang dengan kehadiran para dekan senior FKIP se-Indonesia. Ini merupakan kesempatan untuk silaturahmi sekaligus berbagi pengetahuan” ucapnya.

Prof. Dr. M. Rusdi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forkom memiliki 34 anggota FKIP dari Perguruan Tinggi Negeri seluruh Indonesia dan telah berdiri sejak tahun 2005. “Kita merupakan bagian penting dari pengembangan standar pendidikan tinggi di Indonesia” ucapnya. Beliau juga menegaskan bahwa Forkom bertujuan untuk saling memperkuat satu sama lain. “Kami berkomitmen agar semua program studi yang tergabung dalam Forkom ini terakreditasi Unggul” ucapnya. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini Forkom sedang berfokus pada pengembangan Program Magister dan Doktor. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan jumlah Guru Besar yang sangat cepat di lingkup FKIP Negeri. Beliau berharap topik-topik yang akan dibahas selama 3 hari ke depan dapat menginspirasi para pimpinan FKIP untuk mengembangkan fakultas masing-masing.

Rektor Untirta juga menyambut baik agenda tersebut. Baginya, ini merupakan bentuk komitmen yang kuat dalam menjalin silaturahmi dan kolaborasi. “Insya Allah, nantinya akan muncul ide-ide kreatif dan inovatif yang bisa memberikan perkembangan pesat bagi dunia pendidikan” ujarnya. Selain itu, menurutnya, penting bagi para mahasiswa untuk memiliki semangat juang menghadapi tantangan dan perkembangan zaman. Untirta sendiri menerapkan pendidikan karakter Jawara (Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius, Akuntabel) di seluruh lingkungan kampusnya. Menurutnya, hal ini harus menjadi penyeimbang dari perkembangan teknologi yang begitu masif dari berbagai aspek.

Sebagai informasi tambahan, Pertemuan Forum Komunikasi Pimpinan FKIP Negeri se Indonesia tersebut akan dilangsungkan selama tiga hari mulai hari senin sampai rabu (31/01) dan akan membahas beberapa topik diantaranya Arah kebijakan pendidikan profesi guru (PPG), Akreditasi Internasional dan Unggul, Zona Integritas dan Kemandirian Pengembangan FKIP pada PTNBH, Pengembangan Pascasarjana Pendidikan, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), dan Sekolah Jawara Indonesia. (PPVA/AAP)