Untirta Luncurkan dan Bedah Buku ‘Moderasi Beragama’

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 55/ UN43.8/HM.00.06 /2023

SERANG-UPP PMKUPK Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan kegiatan bedah buku berjudul ‘Moderasi Beragama’ mengusung tema “Integrasi Islam dan Wawasan Kebangsaan” yang ditulis oleh Dr. Fadlullah, M.Si., dkk., di ruang Multimedia, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Rabu (1/3/2023). Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian dan sosialisasi kepada sivitas akademika Untirta.

Hadir dalam kegiatan ini Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, Wakil Rektor I Agus Sjafari, prof. Suwaib Amiruddin, M.Si., Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto, Ketua UPP PMKUPK Dr. Zakaria, M.A., Sekretaris LP3M SIhabuddin, M.Si., koorpus, Koordinator dan Subkoordinator, bersama mahasiswa Untirta.

Kepala UPP PMKUPK Dr. Zakaria mengatakan, moderasi beragama di Untirta sudah menjadi salah satu mata kuliah bukan sisipan seperti di perguruan tinggi lain. Sebab, moderasi beragama merupakan hal yang sangat penting terutama untuk generasi muda.

“Karena penting bagi mereka untuk memahami apa itu moderasi beragama dalam menangkal pemahaman intoleransi, terorisme, dan ekstremisme,” katanya.

“Hal-hal negative itu perlu dibendung dengan adanya pengayaan-pengayaan dan menghadirkan moderasi beragama di mata kuliah,” tuturnya.

Rektor Untirta Prof. Fatah mengungkapkan, moderasi beragama merupakan salah satu agenda yang diapresiasi oleh Kemendikbudristek dan kemenag RI.

“Ini adalah bentuk upaya maksimal kita meneladani bagaimana perilaku dakwah Rasulullah SAW,” ungkapnya.

“Ini juga termasuk yang diteladankan oleh Sultan Ageng Tirtayasa yang sangat egaliter, moderat. Beliau banyak menerima masukan konsultan dari banyak Indonesia dan dunia,” tambahnya.

Sementara itu, Yandri Susanto dalam sambutannya mengatakan, moderasi haruskah menjadi hal yang terpatri bagi tiap warga Negara Indonesia.
“Pasti ada perbedaan maka untuk menyikapi perbedaan itu saya melihat buku yang digagas oleh Dr. Fadlullah ini bisa menambah literasi atau pengetahuan dalam menyikapi (perbedaan itu-red),” kata Yandri.( TMA/HI/AAP/VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737