UTBK Gelombang 1 Rampung, Begini Ulasan dari Sivitas Akademika Untirta

Diposting pada

Serang-Tak terasa Gelombang 1 Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) sudah selesai, pada Senin (23/5/2022).  UTBK berdasarkan aturan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dibagi per gelombang, yakni Gelombang 1 pada 17-23 Mei 2022 dan Gelombang 2 pada 28 Mei – 3 Juni 2022. Untirta menjadi salah satu tempat para peserta UTBK melaksanakan tes.

Ketua UPP PMB, Tri Cahyono S.Kom., M.M., mengatakan, terdapat hal unik serta berbeda pada UTBK di SBMPTN 2022, yaitu pada metode tes, dimana bagian materi tes terdapat tes berbahasa Inggris.

“Perbedaan di masalah metode tesnya saja. Tahun kemarin tidak ada bahasa Inggris, sekarang ada bahasa Inggris di materi tesnya,” ucap Cahyono atau biasa dipanggil Pak Tono saat ditemui tim Humas, kemarin.

“Itu doang perbedaannya, pelaksanaannya sama teknisnya seperti tahun sebelumnya. Sebenernya sama UTBK tiap hari dua sesi, dan pelaksanaanya dua gelombang, jadi masih sama sih, untuk jam sendiri ada yang saintek soshum itu 4 jam/185 menit. Kalau yang campuran itu sekitar 200 menitan,” lanjut Tono.

Menurut Koordinator Pelaksana UTBK Untirta, Dr.,Ing., Muhammad Iman Santoso, S.T., M.Sc., setelah ini ada masa tenggang dan mulai lagi pada gelombang 2 pada Sabtu, 28 Mei 2022.

“Alhamdulillah UTBK Gelombang 1 ini berjalan lancar, dengan sistem yang tertata, terutama panitia yang semakin sigap dalam tahapan penyelenggaraannya,” tuturnya saat ditemui tim Humas di Helpdesk PMB Untirta, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, kemarin.

“Tetap jaga kesehatan dan luangkan waktu belajar sebelum mengikuti tes UTBK. Satu hal lagi, bagi para peserta untuk tetap tepat waktu dalam menghadapi tes UTBK. Harapan kami, para peserta lolos semua tetapi apa daya, semoga saja kita mendapatkan yang terbaik apapun hasilnya nanti,” tambahnya.(Owe/HI/AAP/VDF)