Penandatangan PKS Untirta dengan SMK-PK dan Sosiaslisasi Peta PMB Untirta Jalur Undangan

Diposting pada

Serang, Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Untirta dengan Sekolah Menengah Kejuruan-Pusat Keunggulan (SMK-PK). Dan pada waktu yang sama dilaksanakan pemaparan Sosialisasi Peta Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Untirta Jalur Undangan, menjelang kelulusan Siswa/I Sekolah Menengah Kejuruan-Pusat Keunggulan (SMK-PK) di wilayah Prov. Banten terkait informasi tentang penerimaan mahasiswa baru di berbagai perguruan tinggi lewat jalur undangan, yang salah satunya adalah Untirta.

Pada hari ini Senin,27 Desember 2021 acara digelar di Ruang Meeting Room Hotel Purikayana Kota Serang dihadiri Wakil Rektor IV, Bidang Kerja Sama, Sistem Informasi, Penguatan Kemitraan dan Layanan Industri Untirta Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd, Koordinator Kerjasama dan Humas, Veronika Dian Faradisa, S.E, M.M. , Sub Koordinator Kerjasama Ratih Purnamasari, S.E., M.Akt., narasumber dari Kepala UPT. PMB Untirta, Tri Cahyono, M.Kom, Ketua Tim Pendamping, Dr. Suhendar, M.T., Anggota Tim PT Pendamping SMK-PK: Dr. Siswo Wardoyo, M.Eng, Dr. Asih Mulyaningsih, M.Si., Moch. Fawaid, M.T., Sulaiman Deni R, M.Pd., Muh. Fatkhurokhman, S.Kom., M.Pd., para Unsur Mitra Untirta Kepala sekolah, SMKN 5 Kab. Tangerang, SMKN 1 Kota Cilegon,  SMKN 1 Kota Serang, SMKN 1 Cikande Kab. Serang, SMKS Jaya Buana, SMKS Muhammadiyah Pontang, SMKS Attaufiqiyyah Kab. Serang ataupun perwakilan yang mewakili beserta Undangan dengan mematuhi prokes Covid-19 dan jaga jarak.

Adapun kegiatan dilaksanakan untuk menjadikan Perjanjian Kerja Sama ini sebagai pedoman mitra Untirta dalam melaksanakan kegiatan Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan (SMK-PK), meningkatkan kemampuan sumber daya manusia (SDM) kedua belah pihak, menggalang kerjasama dibidang pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan misi bersama guna mendorong peningkatan kinerja bersama (kolaborasi) dalam masing-masing perannya untuk mensejahterakan dan mencerdaskan masyarakat di Prov. Banten khususnya dan Negara Indonesia pada umumnya sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam pengimplementasian Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Ruang lingkup Perjanjian kerjasama ini yaitu meliputi  Pendampingan SMK-PK dalam pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja seperti Kurikulum , Pembelajaran berbasis Projek Riil dari Dunia Kerja, Peningkatan kapasitas dan peran instruktur/guru dari industri dan ahli dari dunia kerja, Pelaksanaan praktik kerja lapangan/magang di dunia kerja. Dan pengembangan kualitas sumber daya manusia melalui kuliah tamu, pelatihan, asistensi mengajar, pengabdian, dan kolaborasi penelitian, pengembangan publikasi/karya ilmiah, pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan, pemagangan, update teknologi pembelajaran, serapan lulusan untuk melanjutkan kuliah di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dan SMK-PK sebagai Lab School-nya Untirta; dan kegiatan lainnya

Dr. H. Aceng Hasani, M.Pd, Wakil Rektor Bidang IV dalam sambutannya berucap syukur dan terimakasih dalam silaturahmi atau bertemuka muka dengan memanfaatkan kesempatan pertemuan pada hari ini dengan baik. Kepada semua peserta para unsur kepala sekolah mitra Untirta untuk menjadi perhatian sesuai cita-cita atau visi misi pendiri Untirta yaitu menerangi Banten, bahwa dengan ilmu pendidikan merubah paradigma yang konotasinya ilmu jawara negatifnya  menjadi ilmu positif dalam pendidikan dengan merubah paradigma image JAWARA dengan arti  Jujur Amanah  Wibawa Adil Religius dan Akuntabel. Pada saat ini Untirta menyampaikan bahagia dengan Banten menjadi Provinsi sehingga SMK-SMA sederajat di wilayah Provinsi Banten, dengan melihat regulasi perkembangan pendidikan di Banten menghantarkan ke jenjang yang lebih baik dan menjadi lebih baik lagi dengan mencerdaskan masyarakatnya.”paparnya.

Semoga sesuai cita-cita pendahulu kita untuk mencerdaskan bangsa, semua harapan kedepan outputnya dapat mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga berkontribusi sampai ke perdamaian dunia. Kemudian didalam bekerjasama dan berkolaborasi kita berperan penting untuk berdialog agar anak-anak didik kita dikemudian hari mampu berkreatif dan beriinovasi menjadikannya tahan banting menjadi SDM unggul dan utuh dalam menghadapi kehidupan didunia nyata.

Harapan kedepan dengan pendidikan karakter kita harus optimis sebagaimana orang tua terdahulu bisa berkontribusi menjuju perdamaian dunia dengan cara berdiskusi dan berpatner dengan negara lain patut kita jadikan panutan atau contoh dan dapat di Implementasikan dalam dunia pendidikan kepada anak-anak didik kita sebagai SDM yang unggul agar dapat berkontribusi untuk masyarakat banten, bangsa dan negara.”tutur beliau.

Kemudian di sela acara dilakukan Penandatangan PKS dan Photo Bersama Untirta dan Mitra, setelah itu  Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi  Informasi seputar Untirta dan Jalur Masuk Mahasiswa Baru melalui Jalur Undangan dan jalur lainnya yang diberikan Oleh kepala UPT. PMB, Tri Cahyono, M.Kom.(tma)