Asyik Untirta Udah Punya Halal Center Lho..Inilah Pengurusnya, Simak Yaa..

Diposting pada

Serang, (27/12/2021) – Berita gembira sekaligus membanggakan datang dari Untirta buat warga Banten Khususnya yang  berkecimpung di dunia Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) kini Universitas Sultan Ageng Tirtayasa telah memiliki lembaga halal atau halal center yang dapat mengawasi dan menjamin kehalalan suatu produk mulai dari proses hingga menjadi sebuah produk dan hal ini merupakan bentuk peran dari perguruan tinggi dalam mendukung penyelenggaraan jaminan produk halal. Lahirnya Halal Center Untirta ini ditandai dengan melaunching Halal Center Untirta sekaligus pengukuhan pengurus Halal Center untirta pada senin (27/12) diruang convention hall gedung rektorat kampus Untirta Sindangsari.

Koordinator Ketahanan pangan dan kajian halal, Prof. Dr. Meutia, SE.,MP mengatakan bahwa urgensi dari berdirinya halal center Untirta adalah pada tahun 2024 nanti seluruh UMKM harus memiliki sertifikat halal. “semua UMKM kita per oktober 2024 harus memiliki logo halal, kalau tidak logo halal tidak boleh berproduksi dan menjalankan usaha”.tukasnya. Untuk itu menurutnya Halal Center Untirta memiliki peran strategis dalam memberikan warna melalui bentuk pengabdian dan kontribusi sebagai perguruan tinggi yang salah satunya yaitu membantu dan mendampingi UMKM-UMKM yang akan mengurus kehalalan produknya. Lebih lanjut Prof. Meutia menginformasikan bahwa dirinya bersama tim sedang mengumpulkan dan mempersiapkan berkas untuk Lembaga Penjamin Halal. “kini untirta sudah memiliki 3 orang auditor insya allah syarat pendirian LPH bisa terpenuhi”ucapnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Untirta, Dr. Ir. Rusmana, MP mengungkapkan inisiasi Untirta memiliki Halal Center  sudah dimulai dari periode Rektor sebelumnya dan hal ini menjadi bukti bahwa kehadiran Untirta bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dr. Rusmana juga menyatakan bahwa LPPM sebagai lembaga yang menaungi halal center siap   memfasilitasi khususnya kajian tentang halal yang telah masuk kedalam skema ketahanan pangan sehingga hanya perlu ditingkatkan intesitasnya agar lebih terasa  oleh masyarakat. Pihaknya optimis Untirta akan mampu menjalankan halal center ini dengan didukung oleh dosen yang berpengalaman dan laboratorium yang mumpuni.

Rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, MT dalam sambutannya dan sekaligus mengukuhkan pengurus halal center Untirta mengapresiasi inisiasi halal center yang memakan waktu sekitar 2 tahun. Hal ini merupakan bukti bahwa Untirta memiliki mental pantang menyerah, “kita punya endurance jadi tidak loyo walaupun hambatan banyak disana sini ada kekurangan tapi dari strategi secara bertahap kita sudah punya channel di BPJH”.ucapnya. Prof. Fatah melanjutkan bahwa kolaborasi yang telah dibangun antara Untirta, MUI, LPOM, BPJH dan lainnya yang terkait dalam pembentukan halal center harus tetap dijaga dan tingkatkan. Secara pararel Untirta juga akan menyiapkan SDM unggul yang terkait dengan halal center. Diakhir kesempatannya Prof. Fatah mengatakan perjalanan halal center merupakan tugas mulia yang terdapat dalam agama untuk itu dirinya lebih menekankan orientasi halal center untirta kedepannya akan lebih netral dan mengutamakan knowledge based dibanding kepentingan bisnisnya.

Berikut pengurus Halal Center Untirta

Penanggung Jawab         : Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, MT

Pengarah                             : 1. Dr. Ir. Rusmana, MP

          1.  Prof. Dr. Hj. Yeyen Maryani, M.Si
          2. Prof. Dr. Meutia, SE.,MP

Ketua                                    : Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si

Sekretaris                            : Puji Wulandari, S.Tp.,M.Sc

Bendahara                          : Dr. Shanti Kirana Anggraeni, SP.,MT

 

Kepala Departemen Lembaga Pemeriksa Halal

  • Lusiani Dewi Assaat, S.Pd.,M.Si

Kepala Departemen Konsultasi dan Pendampingan Halal

  • Rani Sri Agustina, SH.,MH

Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Teknologi

  • Nani Maryani, M.Si
  • Widya Ernayati K, M.Si

Kepala Departemen Kerjasama

  • Dr. Wahyu Susihono, MT

Kepala Departemen Diklat

  • Hj. Asih Mulyaningsih, SP.,M.Si

Kepala Departemen Humas dan Media

  • Husnan Nurjaman, S.Ag.,M.Si

Kepala Departemen Publikasi

  • Dr. Erwin, ST.,MT