Tingkatkan Kualitas Dosen, Untirta – Apperti Adakan PEKERTI Se-Banten

Diposting pada

SERANG, (10/08/2020) – Peningkatan kualitas pendidikan bisa dimulai dari perbaikan mutu sumber daya Manusianya dan dosen yang professional tidak hanya mentransfer knowledge tetapi juga harus memiliki  value. Hal itu disampaikan kepala LLDIKTI Wilayah IV Jabar dan Banten, Prof. Dr. Uman Suherman, AS.,M.Pd saat memberikan sambutan dalam acara Pembukaan Workshop Program Peningkatan Keterampilan Teknik Instruksional (PEKERTI) se Provinsi Banten Senin (10/08) di Gedung Rektorat Untirta yang merupakan hasil kerjasama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan Asosiasi Penyelenggara Perguruan Tinggi (APPERTI). Dalam kegiatan tersebut disisipkan pula penandatangan MoU dan Perjanjian Kerjasama antara Untirta dengan APPERTI Propinsi Banten.

Pekerti merupakan pelatihan untuk tenaga pengajar / dosen dalam mempersiapkan program pembelajaran agar memiliki keterampilan mengajar dan dapat melakukan evaluasi terhadap hasil belajar. Rektor Untirta, Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT dalam pembukaan Workshop Pekerti menyampaikan bahwa Untirta memiliki tanggungjawab moril dalam pembinaan dan peningkatan kualitas dosen khususnya di Banten agar para dosen baik di PTN maupun di PTS dapat memenuhi kriteria dosen yang professional sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang guru dan dosen. “sebagai pendidik professional sebagaimana dalam undang-undang guru dan dosen koridor pergerakan sebagai dosen jangan lepas dari Tridarma perguruan tinggi dan seorang dosen tidak hanya mampu untuk menstranfer ilmu pengetahuan/Knowledge tetapi  juga mentransfer value seperti yang dijelaskan oleh prof. uman tetapi disini saya tambahkan lagi transfer keteladanan”Ucapnya. Lanjut fatah dalam sambutannya juga menegaskan bahwa penyelenggaraan workshop pekerti ini sebuah kehormatan sekaligus amanah bagi Untirta yang dimana Untirta merupakan salah satu perguruan tinggi yang ditunjuk kementerian sebagai penyelenggara sertifikasi.

Dalam kesempatan yang sama ketua APPERTI Provinsi Banten, Patwan Siahaan , SH.,MH menyampaikan APPERTI sebagai wadah bagi penyelenggara perguruan tinggi swasta  yang mendorong dan kembali  memfasilitasi kegiatan pekerti. Hal ini  Sejalan dengan visi APPERTI Banten yakni Mendorong dan membangun sinergi perguruan tinggi swasta guna maju bersama dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Propinsi Banten. “Jadi Apperti mencoba membangun suatu misi kedepan dengan memperkuat institusi dan ini tercermin dengan kerjasama yang telah dilakukan dengan beberapa lembaga” Tukasnya. Lebih lanjut ia menambahkan Apperti yang menaungi perguruan tinggi swasta yang juga sebaga lembaga pendidikan ingin ikut serta dalam mencetak lulusan yang memiliki kompetensi sehingga bisa berkompetisi dalam pembangunan nasional. Diakhir sambutannya patwan menyampaikan ucapan terimakasih khususnya kepada Untirta yang telah bersedia  memfasiltasi kegiatan Pekerti.

Berdasarkan laporan Ketua Pelaksana Pekerti, Prof. Dr. H. Yayat Ruhiyat, M.Si pekerti hasil kerjasama Untirta – Apperti  ini dilakukan secara daring dan peserta yang mengikuti kegiatan pekerti berjumlah 156 orang yang berasal dari berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri di Banten dan terdapat pula peserta dari luar banten. Kegiatan Pekerti ini dilaksanakan dari tanggal 10 – 14 Agustus 2020 dengan jumlah narasumber sebanyak 17 orang dari eksternal dan internal. Materi yang disampaikan dalam pekerti ini terdiri dari  ketrampilan kognisi dan ketrampilan instruksional. (RDB)