Menuju Standar Unggul: Lab Terpadu Untirta Gelar Sertifikasi ISO/IEC 17025:2017

Diposting pada

Serang, 7 Maret 2024 – Lab Terpadu Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar kegiatan Sertifikasi ISO/IEC 17025:2017 yang berlangsung di Ruang Kelas Serbaguna Gedung Laboratorium Terpadu. Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama dengan PT. Vidolab sebagai konsultan dalam upaya mendapatkan sertifikasi ISO 17025.

Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 6 hingga 8 Maret 2024, diikuti oleh staf dan laboran dari Lab Terpadu Untirta, serta para peneliti yang memiliki kepedulian terhadap pengembangan laboratorium. Pada hari kedua, kegiatan dilanjutkan dengan pembahasan materi implementasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.23 Tahun 2020, yang disampaikan oleh Maman Darmanto, seorang praktisi laboratorium dan Asesor Kompetensi BNSP. Diskusi juga mencakup implementasi limbah laboratorium, ruang lingkup pengujian, timeline, dan rencana akreditasi laboratorium.

Kepala Laboratorium Terpadu Untirta, Yus Rama Denny M., S.Si., M.Si., Ph.D, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian integral dari visi lab terpadu. “Kegiatan pada hari ini memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari visi yang ada di lab terpadu. Kami ingin pelayanan lab dapat diakreditasi secara nasional, dan ini adalah langkah terbaik yang kami lakukan untuk mencapai tujuan tersebut,” ujarnya.

Yus Rama juga menyampaikan harapannya agar Laboratorium Lingkungan Untirta dapat menjadi laboratorium acuan di Banten, menunjukkan komitmen untuk meningkatkan standar dan kualitas pelayanan laboratorium yang berakreditasi .(RMU/AAP)