Roadshow Bidang Kerjasama Untirta: Sosialisasi Mekanisme Kerjasama Guna Dorong Pencapaian IKU 6

Diposting pada

Press Release

No. 25/UN.43.8/HM.00.06/2024

Serang – Dalam rangka mendorong pemahaman yang lebih baik terkait mekanisme kerjasama, bidang kerjasama Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan sosialisasi khusus yang akan dilaksanakan selama satu pekan kedepan. Acara ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai prosedur kerjasama dan sekaligus menjelaskan dampak positifnya terhadap pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) ke-6.

Kegiatan hari pertama dilangsungkan secara tatap muka di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Pertanian (FAPERTA) lt.2 pada hari Senin pagi (22/01). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Dekan 3 Faperta Tb. Bahtiar Rusbana, S.TP., M.Si. Ph.D., para Ketua Jurusan serta Staf Faperta Untirta. Dalam sambutannya Wakil Dekan bidang III Faperta menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ratih Purnamasari, SE., M. Akt. Selaku ketua Pokja bidang kerjasama yang menjadi narasumber pada kesempatan tersebut. Menurutnya karena adanya pergantian manajemen pimpinan dan rotasi di kalangan Tenaga Kependidikan (Tendik) Untirta, perlu adanya sosialisasi kembali terkait mekanisme kerjasama.

Ratih menyampaikan bahwa perlu adanya sosialisasi terkait mekanisme kerjasama yang benar di lingkungan Untirta “Ketika jurusan atau fakultas melakukan kerjasama baik dengan instansi atau perusahaan wajib bagi untirta untuk membuat laporan ke Kementerian pusat. Hal ini menjadi dasar pembuatan laporan kerjasama yang rutin dilaporkan setiap tahunnya. Selama dua tahun ini kami lebih fokus ke Memorandum of Agreement (MoA) atau Perjanjian Kerjasama (PKs) serta Implementation Arrangement (IA) karena biasanya yang ditanyakan saat Akreditasi lebih ditekankan ke PKs dan IA dan sekarang ditambah dengan kerjasama” ucapnya. Terhitung sejak tahun 2021 Untirta mencapai peningkatan hingga 100 persen dalam jumlah kerjasama. “Kami optimis angka ini akan terus bertambah karena beberapa PKs masih banyak yang belum selesai diunggah oleh pihak jurusan dan fakultas” tambahnya. PKs tersebut harus di unggah oleh pihak fakultas melalui laman Sistem Informasi Kerjasama (Sikerma) Untirta. Capaian IKU 6 akan dinilai oleh Kemdikbudristek dari Sikerma tersebut.

Untuk hari berikutnya Roadshow sosialisasi kerja akan berlanjut ke Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Pascasarjana Untirta.

Sebagai Informasi tambahan, Untirta berhasil meraih penghargaan Silver Winner pada Anugrah Kerjasama Diktiristek sub kategori kerjasama dengan Industri PTN BLU pada bulan Desember tahun 2023. (PPVA/AAP)