Minim Informasi, Tim Humas PMB PTN Untirta Berikan Pencerahan Bagi Para Siswa-siswi di Banten Selatan.

Diposting pada

PRESS RELEASE

Nomor : 26/UN43.8/HM.00.06/2024

Lebak, Tim PMB dan Humas Untirta mengunjungi SMAN 1 Banjarsari untuk memberikan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) kepada siswa-siswi di Gedung Aula SMAN 1 Banjarsari Kab. Lebak, hari Senin 22 Januari 2024. Hadir pada kesempatan kegiatan Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarsari Kab. Lebak  Dudi Wahyudi, S.Pd, M.Pd., beserta Jajarannya, Pembina Paguyuban Mahasiswa (Paguma) Kab. Lebak beserta Tim, Ketua Pokja Humas Untirta-Adhitya Angga Pratama, S.Ikom., M.Ikom., Ketua Adhoc PMB Untirta-Tri Cahyono, S.Ikom., M.M., beserta Tim, dan ±200 peserta siswa-siswi Lebak Expo University (LEXUS) 2024 yang hadir dari berbagai sekolah SMA, SMK dan MA di wilayah Banjarsari dan sekitarnya.

Kepala Sekolah SMAN 1 Banjarsari Kab. Lebak  Dudi Wahyudi, S.Pd, M.Pd., secara simbolis membuka acara dan memberikan sambutan untuk memotivasi agar siswa-siswi bersemangat melanjutkan sekolah kejenjang yang lebih tinggi (Sarjana-red) di perguruan tinggi negeri yang sesuai dan yang dicita-citakan.

Dudi mengatakan bahwa siswa siswi harus menggapai jangan sampai siswa-siswi yang hadir salah langkah dan ambil yang terbaik dalam mengambil keputusan di jurusan dan perguruan tinggi negeri dituju.”ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa Sekolah akan bangga jika alumni kembali dengan menyebutkan almamaternya di perguruan tinggi negeri dan ilmunya bermanfaat bagi orang banyak. “Saya menaruh harapan besar kepada para siswa-siswi agar menjadi orang sukses, dan SDM terbaik sehingga dapat membanggakan keluarga dan sekolah”.ujarnya.

Adhitya Angga Pratama memaparkan selayang pandang pengenalan kampus Untirta kepada siswa-siswi peserta LEXUS sebagai awal melayangkan pertanyaan terkait PMB, SNBP, SNBT dan Mandiri, seberapa besar minat melanjutkan ke PTN dan program studi yang dituju.

Angga menegaskan penting untuk dicermati kepada siswa-siswi setelah diterima dijalur SNBP maupun SNBT jangan sampai tidak diambil, efeknya nanti nama atau NISN diblacklist tidak bisa daftar ditahun berikutnya. Kemudian jangan salah pilih perguruan tinggi ataupun prodi yang tadinya hanya ikut-ikutan dan pada akhirnya menyesal dan setelah diterima tidak diambil.”himbaunya.

Tri Cahyono Ketua Adhoc PMB Untirta menyampaikan sistematis, tips dan materi sosialisasi tentang penerimaan mahasiswa baru tahun 2024 di perguruan tinggi negeri. Ia menyampaikan materi SNBP, SNBT dan Mandiri. “Saat ini persaingan masuk ke PTN sangatlah ketat, sehingga dibutuhkan persiapan yang matang untuk dapat kuliah di kampus yang didamba-dambakan”, katanya.

Ia juga mengatakan bahwa para siswa tidak boleh ketinggalan informasi, karena saat ini dimanapun dan kapanpun  dapat mengakses informasi seputar penerimaan mahasiswa baru dari laman dan media sosial resmi kampus maupun pusat SNPMB Kemendikbud.

Ia melihat motivasi para siswa-siswi asal Banjarsari dan sekitarnya untuk masuk ke PTN sangatlah tinggi. Namun, siswa diminta lebih aktif berkoordinasi dengan guru BK dan orangtua agar pilihan prodi dan Universitasnya terarah, sehingga peluang masuk ke PTN menjadi semakin besar.(TMA/AAP)