Siap hadapi PKM 2024, FEB Untirta adakan Sosialisasi PKM

Diposting pada

Press Release

No.  13/UN43.8/HM.00.06/2024

Serang – Dalam rangka mempersiapkan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2024, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan sosialisasi PKM pada hari Kamis siang (18/01) secara daring dan diikuti oleh sekitar 90 peserta termasuk mahasiswa dan dosen FEB Untirta. Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Roni Kambara, M.M. selaku Wakil Dekan bidang III FEB beserta jajaran dan juga Koordinator PKM Untirta Heri Haryanto., S.T.,M.T sebagai Narasumber.

Dalam sambutannya Dekan FEB mengucapkan terimakasih atas berjalannya agenda tersebut dan berharap kegiatan tersebut bisa menambah minat dan pengetahuan mahasiswa terkait program PKM. Heri Haryanto., S.T.,M.T mengatakan bahwa FEB adalah Fakultas keempat di Untirta yang sudah melaksanakan sosialisasi PKM. “Kita masifkan sosialisasi terkait PKM dari sekarang sehingga para mahasiswa bisa mempersiapkan Proposal PKM lebih awal” ucapnya. PKM sendiri merupakan program yang paling diminati oleh mahasiswa Untirta karena mampu mengonrversi SKS sampai dengan 10 SKS jika berhasil lolos sampai ke tahap akhir. Berkaca dari kegiatan PKM tahun lalu, Untirta berhasil mengirimkan sebanyak 180 proposal PKM ke SIMBELMAWA (Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan) dan yang berhasil lolos sampai ke tahap didanai sebanyak 16 persen. Hal ini dikarenakan mepetnya batas waktu input proposal dan kurangnya persiapan.

Agar menghindari masalah serupa, Koordinator PKM Untirta menyarankan kepada para calon peserta PKM untuk sementara menyusun proposal PKM sesuai dengan Pedoman Tahun 2023 dan nanti saat terbitnya Pedoman PKM terbaru para mahasiswa dan dosen pendamping PKM hanya perlu menyesuaikan proposal PKM yang sudah dikerjakan sesuai dengan Pedoman PKM tahun 2024. “Mahasiswa adalah aktor utama dalam program PKM. Para mahasiswa diharapkan dapat berpikir kritis terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat” tuturnya. Beliau juga menyampaikan bahwa Untirta akan membentuk PKM Corner yang bertugas untuk melayani konsultasi pembuatan proposal PKM. Untirta akan menerima proposal PKM mahasiswa yang ditulis sesuai pedoman PKM tahun 2023 paling lambat tanggal 20 Februari 2024 melalui link upload proposal yang akan diumumkan pada tanggal 15 Februari 2024.

Heri Haryanto juga menegaskan bahwa para mahasiswa dipersilahkan untuk berkolaborasi dengan mahasiswa dari jurusan atau fakultas yang lain sesuai dengan bidang PKM yang diambil. Beliau berharap tahun ini mahasiswa Untirta yang mengikuti program PKM meningkat dari jumlah tahun lalu. “PKM Center siap membantu pihak fakultas terkait SDM materi PKM dan diharapkan pihak fakultas dan dosen bisa bekerjasama membimbing mahasiswa dalam pembuatan proposal PKM” Ucapnya. Berdasarkan pengalaman tahun lalu, pendaftaran program PKM Tahun 2024 diperkirakan akan dibuka pada bulan Februari atau Maret 2024.

Bagas, selaku Ketua BEM FEB Untirta, dengan tegas menyatakan komitmennya untuk menyampaikan informasi terkait PKM kepada seluruh mahasiswa FEB Untirta. Harapannya, FEB Untirta dapat melahirkan lebih banyak mahasiswa yang dapat mengikuti program PKM tersebut. (PPVA/AAG)