Pelepasan PMM Outbound Batch IV, Rektor: Buktikan Bahwa Kita Adalah JAWARA UNTIRTA

Diposting pada

Serang – Pelepasan mahasiswa Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) outbound Batch IV Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) di Auditorium gd. FEB yang dilaksanakan pada hari Selasa (16/01) siang. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang 1 Dr. Rusmana, Ir., MP, para Dekan, para Wakil Dekan bidang 1, Prof. Dr. Yudi Juniardi., M.Pd selaku PIC PMM Untirta, para Ketua jurusan dan program studi, para Dosen Modul Nusantara, para ketua Unit dan Ketua Pokja serta para mahasiswa PMM Batch 4 dan mahasiswa PMM Batch III, segenap panitia serta para tamu undangan lainnya. Pada kesempatan ini sebanyak 107 orang mahasiswa Untirta berhasil lolos seleksi dan berkesempatan mengikuti PMM dari 353 orang mahasiswa Untirta yang melakukan pendaftaran. Kegiatan PMM ini merupakan yang ke -4 kalinya di Untirta yang pada batch sebelumnya Untirta melepas sebanyak 165 Orang mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dalam sambutannya, Rektor Untirta berharap Mahasiswa yang akan dilepas ke berbagai perguruan tinggi hari ini selain dapat mengenal adat istiadat dan keragaman budaya, mahasiswa juga bisa menambah wawasan terkait berbedaan kultur antar daerah. “Jadikan kegiatan PMM ini menjadi tempat menorehkan sejarah hidup masing-masing. Buktikan bahwa kita adalah JAWARA dari Untirta. Jujur, Adil, Wibawa, Amanah, Religius dan Akuntabel” ucap beliau. Beliau juga berpesan agar para mahasiswa dapat menjaga nama baik almamater Untirta dimanapun berada.
Wakil Rektor 1 Dr. Rusmana dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada 107 orang mahasiswa Untirta yang berhasil lolos seleksi PMM. “Pada kesempatan ini kurang lebih 30 persen mahasiswa berhasil lolos dari total jumlah mahasiswa yang mendaftar. Suatu pencapaian yang luar bisa dan diharapkan jumlah ini bisa terus kita tingkatkan lagi pada kesempatan berikutnya” ucap beliau. Dr. Rusmana berharap kesempatan ini bisa melatih kemampuan adaptasi diri dan meyerap informasi baik perbedaan budaya serta pembelajaran lainnya.
Dalam laporannya, Prof. Dr. Yudi Juniardi., M. Pd selaku PIC PMM Untirta memperkirakan Untirta juga akan menerima mahasiswa PMM kurang lebih sama dengan jumlah mahasiswa PMM outbound. “Tahun ini jumlah Mahasiswa PMM outbound yang kita lepas berkurang dari jumlah sebelumnya. Hal ini dikarenakan pendaftaran PMM berbarengan dengan pendaftaran kegiatan Magang MSIB dan juga kegiatan PMM kali ini akan dilaksanakan pada bulan suci ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri” Jelasnya. Bulan Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri menjadi kendala karena para mahasiswa lebih memilih untuk menghabiskan momen bulan puasa dan lebaran bersama keluarga. Prof. Dr. Yudi Juniardi berharap pihak Fakultas dan Jurusan dapat membantu dan mengarahkan mahasiswa terkait PMM.
Sebagai informasi tambahan 107 orang mahasiswa PMM Batch IV ini akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di perguruan tinggi tujuan diantaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Tadulako, Universitas Udayana, Universitas Sumatera Utara, Universitas Sriwijaya, Universitas Prima Indonesia, Universitas PGRI Sumatera Barat, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pattimura, Universitas Nusa Cendana (NTT), Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Metro, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Universitas Muhammadiyah Aceh , Universitas Mataram, Universitas Mahasaraswati Denpasar, Universitas Lambung mangkurat, Universitas Islam Riau, Universitas Hasanuddin, Universitas Bengkulu dan Universitas Andalas.