KKM Tematik I 2024 Untirta, Mahasiswa Diberikan Tugas untuk Bantu Potensi Wisata di Daerah Pesisir

Diposting pada

SERANG-Lembaga Penelitian dan Pengabdian (LPPM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan pembekalan kepada para Peserta KKM, DPL, dan Korcam Reguler Tahap I Untirta Tahun 2024, Kamis, 4 Januari 2024. Hadir pada kesempatan ini Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Rusmana, M.P., Ketua LPPM Prof. Dr. Meutia, S.E., M.P., Koorpus KKM  Prof. Dr. Suwaib Amiruddin, M.Si., Para Dekan, narasumber, para DPL, Koorcam dan para peserta KKM. KKM Tematik 2024 ini bertema ‘Pembangunan Inovasi Berbasis Potensi di Kawasan Perbatasan untuk Mendukung Indonesia Maju’.

Prof. Suwaib dalam sambutannya mengatakan, KKM Tematik tahun ini mengambil lokasi yang dipilih adalah berbatasan dengan Kabupaten dan provinsi sehingga sampai ujung Banten seperti di daerah Sumur, Pandeglang. “Peserta dibatasi 1500 ternyata pas pendaftaran sampai 1768 tapi ada yang ikut kkm MBKM jadi total keseluruhan adalah 1740 yang tersebar di pesisir Kabupaten Serang, Pandeglang, dan Lebak,” kata Suwaib.

“KKM ini dimulai 11 Januari sampai 12 Februari 2024 dan ketika kita berkunjung ke Kesbangpol masing-masing daerah mahasiswa diperingatkan untuk tidak terlibat dalam politik praktis. Ini pesan penting dan jaga diri baik-baik di lokasi KKM,” tegasnya.

Prof. Meutia menuturkan, wilayah KKM Tematik ini memiliki potensi wisata yang bagus dan para mahasiswa diharuskan berkreasi agar bisa mengelola potensi tersebut bebrasis inovasi teknologi, industri demi pengembangan ekonomi masyarakat.

“Ini merupakan rangkaian KKM Tematik pertama yang nanti disusul yang kedua di Juli-Agustus 2024 mendatang, KKM BKSPTN Wilayah Barat dan kami juga menawarkan instrumen KKM internasional yang mudah-mudahan ada yang berminat boleh mendaftar. Kami berharap mahasiswa bisa memiliki soft skill yang komprehensif, punya etika dan komunikasi yang baik. Kami sudah berkoordinasi dengan semua Kabupaten. Saya juga akan keliling kecamatan guna memastikan kalian semua baik-baik saja. Harus ada output yang dihasilkan. Selamat mengabdi. Jaga attitude. Tetap merendah punya empati tebarkan manfaat kepada masyarakat,” ujarnya.

Prof. Fatah menyampaikan, mahasiswa KKM akan mewakili Untirta sebagai menara air yang memberikan kesejukan pencerahan peradaban kemudian juga memberikan pembinaan kepada masyarakat khususnya di Provinsi Banten. “Saya kira tujuan utama yang menjadi tugas institusi melalui kegiatan KKM Tematik tahun 2024 adalah tugas mulia institusi. Jadi saya atas nama pribadi dan institusi menyampaikan terima kasih untuk semua yang hadir kepada Ketua LPPM dan Koorpus KKM dan para peserta,” imbuhnya.(HI/AAP/VDF)