Optimis! Untirta Siap Tingkatkan Kualitas IKU Capaian Tahun 2023

Diposting pada

 

Serang – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengapresiasi kinerja dan capaian Program Studi (Prodi) serta fakultas melalui Anugerah Liga Indikator Kinerja Utama (IKU) tahun capaian 2022 yang berlangsung pada Kamis, 3 Agustus 2023 di Ruang Multimedia Kampus Untirta Sindangsari, Kabupaten Serang. Hadir dalam anugerah ini Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, ST., MT., Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Dr. Rusmana, Ir. MP., perwakilan Dekan, Wakil Dekan Fakultas, serta Prodi, dan Koordinator serta Subkoordinator di lingkungan Untirta yang disiarkan secara langsung di kanal Youtube Untirta Official.

Wakil Rektor Bidang 1 memaparkan tren capaian IKU Untirta tahun kinerja 2021-2023 yang mana memiliki kemajuan dibanding tahun capaian sebelumnya sehingga bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi universitas, fakultas, serta prodi.”Harapannya di tahun 2023 ini ada peningkatan karena sudah terisi pada IKU 8 (program studi berstandar internasional). Jadi peningkatannya mudah-mudahan bisa masuk ke-15 besar” pungkasnya.

Demikian Rektor Untirta juga bersyukur atas kerja keras fakultas, prodi, bersama tim IKU untuk mencapai target-target capaian IKU berdasarkan standar nasional pendidikan tinggi Kemendikbudristek. Terlihat pada 4 prodi yang sudah lulus sertifikasi internasional AUN-QA, yaitu Prodi Administrasi Publik, Teknik Industri, Pendidikan Non Formal, dan Pendidikan Matematika. “Rasa syukur atas diperolehnya apresiasi IKU tahun 2022 di tahun 2023 untuk penguatan IKU yang akan dikompetisikan tahun 2023,” ungkapnya.

Berdasarkan Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 103/E/KPT/2023, surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 5131/E1/PR.07.04/2023 tanggal 21 Juli 2023 perihal Alokasi Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Tahun 2022, dan hasil Liga IKU Internal Untirta menetapkan pemenang dan besaran insentif Liga IKU Untirta sebagai berikut :

– Juara Kategori tingkat Fakultas
Juara 1 Fakultas Pertanian,
Juara 2 Fakultas Kedokteran, dan
Juara 3 Fakultas Teknik.
– Juara Kategori per IKU :
Juara IKU 1 (lulusan mendapat pekerjaan yang layak) Prodi Teknik Industri;
Juara IKU 2 (Mahasiaswa mendapatkan pengalaman di luar kampus) Prodi Agroekoteknologi;
Juara IKU 3 (Dosen berkegiatan di luar Kampus) Prodi Gizi;
Juara IKU 4 (Praktisi mengajar di dalam kampus) Prodi Ilmu Komunikasi;
Juara IKU 5 (Hasil Kerja Dosen digunakan oleh masyarakat) Prodi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro;
Juara IKU 6 (Program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia) Prodi Pendidikan Biologi; dan
Juara IKU 7 (Kelas yang kolaboratif dan partisipatif) Prodi Gizi.
– Juara Pemenang Liga IKU :
Juara 1 Prodi Teknik Industri,
Juara 2 Prodi Agroekoteknologi,
Juara 3 Prodi Pendidikan Guru Anak Usia Dini,
Juara 4 Prodi Teknik Elektro, dan
Juara 5 Prodi Teknik Metalurgi

Rektor Untirta berpesan kepada fakultas dan prodi yang mendapatkan alokasi dana juara Liga IKU tersebut dapat dialokasikan secara tepat untuk kepentingan dan kemajuan prodi.sesuai TOR nya, sementara bagi yang belum berkesempatan bisa dijadikan sebagai ajang motivasi untuk ‘tidak mau kalah’ untuk pengembangan prodi.(DAN/RRR/AAP/VDF)