Terima 3.706 Peserta SNBT, Untirta Jadi PTN Penerima Pendaftar Terbanyak ke-12 se-Indonesia

Diposting pada

SERANG – Pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023 resmi dirilis pada Selasa (20/6) melalui website https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dan 37 laman mirror lainnya. Berdasarkan Konferensi Pers Hasil Seleksi Jalur SNBT Tahun 2023 yang diselenggarakan dua jam sebelumnya, sebanyak 223.217 peserta dari total 803.852 pendaftar dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023. Adapun sebanyak 185.467 peserta merupakan program akademik S1, sementara 37.750 peserta merupakan program vokasi D3 dan D4. Jumlah tersebut belum memenuhi daya tampung SNBT yang dialokasikan, yakni sebanyak 259.635 kuota.

“Hasil dari SNBT ini berhasil meluluskan sebanyak 85,97%. Belum terisi penuh. Ada 14% kursi kosong yang nanti akan diisi di jalur berikutnya,” ungkap Prof. Ir. Nizam, Ph.D, Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Dikti).

Tahun ini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menerima sebanyak 3.706 peserta SNBT yang terdiri dari 3.451 mahasiswa S1 dan 255 mahasiswa vokasi, sehingga menjadikannya sebagai perguruan tinggi negeri penerima pendaftar terbanyak peringkat ke-12 secara keseluruhan dan peringkat ke-14 kategori akademik (S1).

Nizam menegaskan bahwa proses seleksi dilakukan secara objektif dengan memberikan kesempatan yang sama kepada siswa dari seluruh jurusan, baik dari SMA, MA, maupun SMK melalui tes berbasis potensi akademik yang fokus pada kemampuan penalaran dan pemecahan masalah, sehingga meningkatan daya saing dalam memperebutkan kuota perguruan tinggi negeri yang terbatas.

“Kita harus menyadari bahwa kapasitas perguruan tinggi negeri kita terbatas sehingga dari 803.000 peserta tentu tidak semuanya bisa diterima di bangku PTN melalui jalur seleksi nasional ini. Namun demikian, proses seleksi ini sudah dilakukan secara objektif dan hati-hati sehingga sudah berdasarkan persiapan calon mahasiswa karena tes yang dilaksanakan di tahun ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yakni lebih mendasarkan pada tes potensi akademik dan memberi kesempatan yang sama baik kepada jurusan IPA, IPS dari SMA, SMK, MA,” terang Nizam. “Kesempatan yang luas tersebut di satu sisi sangat bagus karena membuka peluang bagi semua, tetapi di sisi lain meningkatkan kompetisi yang sehat,” lanjutnya.

Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT mengucapkan selamat kepada calon mahasiswa yang dinyatakan lolos SNBT 2023 atas kerja keras dan dedikasi dalam memperjuangkan impiannya berkuliah di perguruan tinggi negeri. Para calon mahasiswa diimbau untuk senantiasa memantau informasi lanjutan, khususnya terkait registrasi ulang.

Beliau pun berpesan kepada para peserta yang belum berhasil lolos agar tidak berkecil hati karena masih terdapat jalur seleksi lain yang dapat diikuti, yakni Seleksi Nasional Berbasis Nilai UTBK (SNBNU), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Barat (SMMPTN-Barat) yang informasinya dapat diakses melalui www.smmptnbarat.id, dan Ujian Masuk Mandiri (UMM) D3 yang informasinya dapat diakses melalui www.pmb.untirta.ac.id. (SAC/ AAP/ VDF)