Kementerian PANRB-USAID Selenggarakan Lomba Soal Pelayanan Publik

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 110/ UN43.8/HM.00.06 /2023

SERANG-Deputi Bidang Pelayanan Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang didukung oleh Program USAID ERAT (Tata Kelola Pemerintahan yang Efektif, Efisien dan Kuat) menyelenggarakan diskusi publik dan ‘roadshow’ Kompetisi Ideathon Provinsi Banten. Kegiatan ini dilakukan di Convention Hall, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Selasa 9 Mei 2023.

Hadir dalam kegiatan ini Asisten Deputi Pemberdayaan Partisipasi Masyarakat Insan Fahmi, M.M., Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Plt. Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Provinsi Banten Akhmad Thamrin, ST., M.Si., Program Management Specialist USAID Indonesia selaku Task Order Contracting Officer Representative (TOCOR) USAID ERAT) Merita Gidarjati, para pimpinan Pemda Banten dan sivitas akademika FISIP Untirta.

Kegiatan ini sesuai arahan Kementerian PANRB yakni bertujuan untuk menjaring ide dan inovasi guna meningkatkan kualitas pelayanan publik pada enam Provinsi lokus kompetisi di antaranya Sulawesi Selatan, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Utara.

Thamrin mengatakan, Pemprov Banten siap memfasilitasi dan mendukung kegiatan ini demi tercapainya inovasi atau penelitian dalam bidang pelayanan publik.

“Kalau harus ada yang dibantu nanti kami fasilitasi. Karena salah satu fungsi pemerintahan daerah adalah selain melaksanakan pembangunan daerah (infrastruktur-red) juga menyelenggarakan pelayanan publik,” katanya.

Merita mengatakan, turut membantu pemerintah Indonesia dalam pelayanan publik untuk menjadi lebih baik. “USAID mendukung pelayanan publik di Indonesia agar semakin baik salah satunya adalah dengan perlombaan ini dimana salah satu sasarannya adalah mahasiswa untuk meningkatkan pelayanan publik di Indonesia,” katanya.

Rektor Untirta menjelaskan, dalam hal inovasi Untirta telah melakukan inovasi-inovasi dari berbagai bidang. “Kami di Untirta sebagai tempat berinovasi kita memberikan akses bagi lahirnya ide-ide baru. Kami juga menyiapkan kampus dalam rangka melanjutkan apa yang sudah dibangun orang tua kami yakni kami siapkan kampus ‘smart integrated and green campus’,” jelasnya.

Fahmi menilai, kompetisi ini adalah cara untuk memberikan kesempatan bagi anak muda berpartisipasi menyumbangkan ide mencari solusi atas tantangan dan kendala pelayanan publik di daerah.

“Untuk Indonesia kami bekerja sama dengan USAID menyelenggarakan kompetisi ini merupakan bentuk nyata dari kolaborasi dimana inovasi masyarakat mendapatkan wadah untuk meningkatkan pelayanan publik,” tuturnya.(HI/AAP/VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737