Cegah Kecurangan pada UTBK-SNBT 2023, Untirta Lakukan Pemeriksaan Ketat

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 109/ UN43.8/HM.00.06 /2023

SERANG – Prosedur pemeriksaan yang ketat diterapkan di seluruh lokasi pusat UTBK Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) pada hari kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT) 2023, Selasa (9/5) untuk mencegah potensi kecurangan oleh peserta.

Sebanyak 1.170 peserta menjalani pemeriksaan tubuh menggunakan metal detector dan diminta menurunkan masker untuk dicocokkan wajahnya dengan foto yang tertera pada kartu peserta sebelum memasuki ruangan ujian. Hal ini dilakukan untuk menghindari penggunaan alat rekam dan alat komunikasi pada saat ujian berlangsung serta mengantisipasi potensi penggunaan joki.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si yang memantau lokasi ujian mengatakan UTBK-SNBT hari kedua berjalan dengan lancar. Menurutnya seluruh lokasi terpantau tidak mengalami kendala yang berarti, baik dari segi teknis, jaringan, ataupun keamanan.

Agus mengingatkan para peserta untuk mengerjakan ujian dengan jujur karena konsekuensi kecurangan yang akan diterima tidaklah remeh. “Kami imbau seluruh peserta untuk tidak melakukan kecurangan karena akan merugikan diri sendiri, bahkan dapat dipidanakan,” pesan Agus. (SAC/ AAP/ VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737