Untirta dan Unhas Implementasikan Program ‘Coaching’ dan Konsultasi Akreditasi Internasional

Diposting pada

Serang-Fakultas Teknik (FT) Untirta dan FT Unhas Makassar sepakat untuk berkolaborasi guna meningkatkan percepatan dari Perjanjian Kerja Sama Coaching dan Konsultasi Akreditasi Internasional. Hal ini ditandai dengan adanya kunjungan dari Prof. Dr. Ir. Muhammad Arsyad Thaha, M.T., selaku Dekan FT Unhas dan Tim ke FT Untirta,Kota Cilegon, pada Kamis siang, (3/2/2022).

Kunjungan ini kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke PT Krakatau Internasional Port / PT KBS untuk kolaborasi kerja sama bidang riset. Kunjungan ini pun disambut hangat oleh Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. selaku Rektor Untirta dan Prof. Dr. -Ing. Ir. Asep Ridwan, ST., MT., IPM, selaku Dekan Fakultas Teknik Untirta beserta jajaran.

Rektor Untirta menyebutkan bahwa kolaborasi FT Untirta dengan FT Unhas bertujuan untuk meningkatkan pencapaian IKU Untirta yang masih nol terkait prodi yang belum mempunyai sertifikat/akreditasi Internasional.

“Sementara FT Unhas mempunyai 13 prodi terakreditasi Internasional dan lima prodi dalam proses pengajuan akreditasi internasional seperti ABET, IABEE dan ASIIN,” ujar Rektor Untirta dalam sambuatannya saat diskusi dan menjamu FT Unhas di FT Untirta, Kota Cilegon, Kamis (3/2/2022).

Rektor Untirta berharap, FT Untirta bisa pecah telur dengan adanya prodi terakreditasi/tersertifikasi Internasional. Selain itu, dengan kerja sama ini, rektor Untirta berharap FT Untirta bisa menjadi pelopor untuk program studi terakreditasi/tersertifikasi Internasional khususnya di lingkungan Untirta.

Sementara itu, Dekan FT Untirta, Prof. Dr.-Ing. Asep Ridwan, S.T., M.T., IPM., mengatakan, kolaborasi dengan FT Unhas sudah berlangsung sejak 2021 yang ditandai dengan adanya workshop akreditasi Internasional bersama narasumber Prof. Isran dari FT Unhas. “Fakultas Teknik Untirta menindaklanjuti dengan menetapkan semua kurikulum prodi di Fakultas Teknik Untirta berbasis OBE (Outcome Based Education-red), sebagai dasar pengajuan akreditasi Internasional. Fakultas Teknik Untirta menargetkan tiga jurusan tersertifikasi Internasional dalam dua tahun ini, yaitu Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Elektro,” katanya.(HI/AAP/VDF/RJ).