Fakultas Teknik Untirta Gelar Webinar Nasional Nano Teknologi

Diposting pada

CILEGON – Fakultas Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar Webinar Nasional Nano Teknologi secara daring pada Selasa, 21 September 2021 dengan menghadirkan Kepala Pusat Penelitian Metalurgi dan Material LIPI, Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M. Eng dan Dosen Teknik Kimia Fakultas Teknik Untirta, Dr. Eka Sari S.T., M.T sebagai narasumber yang dimoderatori oleh Dr. Lusiani Dewi Assaat, M.Si, Dosen FKIP Untirta.

 

Prof. Nurul memaparkan bahwa revolusi nanoteknologi akan memberikan dampak yang sebanding dengan empat industri sebelumnya, yakni mesin uap, kereta api, otomotif, dan komputer dalam waktu yang lebih cepat. Hal ini menyebabkan investasi global pada nanoteknologi berkembang pesat dari tahun ke tahun.

Pada tahun 2015, sudah lebih dari 2.300 jenis produk nano terdaftar pada database inventori produk konsumen. Produk-produk tersebut meliputi tetapi tidak terbatas pada kosmetik dan perawatan diri, cat, katalis dan lubrikan, tekstil, makanan dan suplemen, kemasan makanan, kedokteran dan kesehatan, material konstruksi, hingga senjata dan peledak.

 

Acara ini dibuka secara daring oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T. dan Dekan Fakultas Teknik Untirta, Prof. Dr.-Ing. Ir. Asep Ridwan, S.T., M.T., IPM. Turut hadir Ketua Pelaksana sekaligus Dosen Fakultas Teknik Untirta, Dr. H. Rudi Hartono, S.T., M.T. (Humas – Sekar)