Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Maju, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya Saing dalam Kebersamaan Tahun 2025

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Memantau Langsung KMHE di Surabaya (Part I)

Dr. H. Suherna, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) memantau langsung Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) di Institut Teknologi Surabaya (ITS) Jawa Timur (08/11/2017).

Menurut Fahmi Mubarok, ST., M.Sc selaku Ketua pelaksana menerangkan KMHE pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 dengan nama Indonesian Eco EnergyCar Challenge, pada tahun 2014 berganti nama menjadi KMHE yang disponsori oleh kemenristek dikti, di tahun 2017 ini jumlah peserta meningkat, dari 40 peserta (2016) kini 80 peserta dan akan berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 8 sampai 11 November 2017, adapun tujuannya diselenggarakannya kegiatan ini untuk dijadikan sebagai wadah mahasiswa berkreatifitas, mendisain dan membangun hasil karya mobil hemat energinya sendiri maupun bersama tim. Ketua pelaksana menyampaikan kategori yang diperlombakan di KMHE 2017 adalah prototype dan urban dengan kelas masing-masing yakni motor bakar, listrik dan hybrid, selain itu ia membeberkan yang paling sulit dari KMHE ini ada di mechanical inspection yang jika lolos pada hari akhir akan dipertandingkan didalam sirkuit. Pada akhir katanya ia berharap mobil pemenang dan yang lolos dari KMHE ini bisa mengikuti event Shell Eco Marathon Energy di Asia maupun yang ada di Dunia.

Wakil Rektor secara langsung mengunjungi tim KMHE dari Untirta yang bernama Cula Satu di Kenjeran Theme Park Surabaya, beliau disambut oleh Zulmahdi Darwis, ST., M.Eng selaku Wakil Dekan Kemahasiswaan Fakultas Teknik, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan dan Perencanaan (BAKP) yang diwakili oleh Hendra Leo Munggaran, SE., MM, para Dosen Pembimbing yang diantaranya Yusvardi Yusuf, ST., MT (kategori mobil Urban) dan Ipick Setiawan, ST., M.Eng serta mahasiswa/i Untirta peserta KMHE 2017. Pada waktu penyampaian arahan beliau menyampaikan kegiatan ini merupakan salah satu contoh kegiatan yang positif, sebagai event yang diakui oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk meningkatkan akreditasi lembaga, beliau menyampaikan semangat agar tim tetap berdoa, menjaga kesehatan, berfikir positif/optimis, memperhatikan rule/aturan yang telah ditetapkan oleh panitia, beliau juga menuturkan jika Cula Satu berhasil lolos dan menjadi pemenang di KME ini akan ada apresiasi dalam bentuk materi dari Universitas.

Untuk jadwal kompetisi selanjutnya hari Kamis 11/09/2017 pada jam 12.00 WIB (Urban) dan 15.00 (Prototype) di Theme Park Kenjeran Surabaya.

Berita Terbaru Lainnya