Selamat, Untirta Antarkan Kota Cilegon terbaik ke-3 Tingkat Nasional dalam Penyusunan Grand Design Pembangunan Kependudukan 5 Pilar Periode Tahun  2022 – 2047 dengan Inovasi Sedakep

Diposting pada

SERANG_ Universitas Ageng Tirtayasa (Untirta) mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kota Cilegon atas dukungannya dalam mewujudkan aplikasi Sedakep Kota Cilegon. Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang memuat 5 Pilar dalam grand design pembangunan kependudukan serta telah terdaftar sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (Haki). Penghargaan ini diberikan dengan ditandai pemberian piagam oleh Wali Kota Cilegon Helldy Agustian pada saat peringatan HUTRI tanggal 17 Agustus 2023.

Akademisi Untirta Dr. Enggar Utari, M.Si., selaku Ketua Tim mengatakan, kelebihan dari Sedakep ini adalah Augmented Reality dan Virtual Reality dari lima pilar; Pengelolaan kuantitas penduduk,kualitas penduduk, pembangunan keluarga, mobiltas penduduk dan administrasi penduduk.

“Saya di sini bersama tim, Bu Rani Sri Agustina, Pak Yanto Azie Setya, Bu Rini Handayani, Bu Nunik Hermita dan Pak Mahrawi mencoba mengembangkan ini. Pada tahun 2023 Kemendagri dan BKKN Pusat menggelar GDPK 5 Pilar Award. Dari lebih 500-an Kabupaten Kota di Indonesia, Cilegon masuk nominasi 10 besar dan selanjutnya lolos masuk tiga besar. Peringkat pertama di peroleh Kota Surabaya, kedua adalah Kabupaten Sleman,” ujarnya.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah data-data yang digunakan di OPD 25 tahun ke depan masih bisa valid. “Proyeksi setiap tahun ada profil kependudukan selalu update. Dokumen ini menjadi penting untuk dasar pelaksanaan pembangunan di daerah khususnya kota Cilegon ,” imbuhnya.

Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., mengapresiasi dan berterima kasih atas capaian yang dilakukan oleh akademisi Untirta ini.

“Mudah-mudahan semakin berkembang dan semakin membawa harum nama institusi kampus dan memberi manfaat untuk masyarakat,” ungkapnya.(HI/AAP/VDF)