Dukung ASEAN Tingkatkan Daya Saing Pendidikan, 5 Prodi Untirta Persiapkan Diri Ikuti FIBAA

Diposting pada

SERANG – Tim Task Force Akreditasi Internasional Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan validasi dokumen SER (Self Evaluation Report) dan appendices pada Selasa (18/7) bersama Adam Pamma, Direktur Malikal Zentrum Institute sekaligus perwakilan Senior Experten Service (SES) Jerman di Indonesia dalam rangka meraih akreditasi Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA) bagi 5 program studi di Untirta, yakni Manajemen, Agribisnis, Administrasi Negara, Ekonomi Pembangunan, dan Akuntansi. Partisipasi Untirta pada akreditasi ini menunjukkan kontribusi Untirta untuk mendukung ASEAN dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan di Asia Tenggara dan kancah internasional melalui penjaminan mutu pendidikan tinggi sesuai dengan visi Untirta, yakni “Terwujudnya Untirta sebagai Integrated Smart and Green (It’S Green) University yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing di Kawasan ASEAN tahun 2030”.

Adam memberikan sejumlah arahan terkait kelengkapan dokumen-dokumen pendukung yang telah dipersiapkan oleh tim untuk diunggah oleh tiap-tiap prodi nantinya. Ia pun menyoroti penerjemahan dokumen dan penamaan judul dokumen agar memudahkan experten dalam memahami dokumen tersebut.

Sebagai informasi, FIBAA merupakan lembaga penjaminan mutu perguruan tinggi berorientasi internasional menggunakan standar dari German Accreditation Council. Lembaga yang berbasis di Bonn, Jerman ini diakui oleh Direktorat Jenderal Tinggi Kemendikbud Ristek RI berdasarkan Keputusan Mendikbud Ristek RI No. 83/P/2020 tentang Lembaga Akreditasi Internasional.

Adapun kriteria penilaian pada akreditasi ini di antaranya, yakni Objectives; Admission; Contents, Structure, Didactical concept, Employability; Academic Environment and Framework Conditions; dan Quality Assurance and Documentation.

Pertemuan yang diselenggarakan secara daring ini dihadiri oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST, MT; Wakil Rektor I Untirta, Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si; Wakil Rektor III Untirta, Kurnia Nugraha, ST., MT; Ketua LP3M, Prof. Eng A Ali Alhamidi, S.T., M.T; Sekretaris LP3M, Dr.Syihabudin, M.Si; Ketua Tim Task Force Akreditasi Internasional Untirta, Prof. Dr. Alimuddin, ST., MT; para Wakil Dekan FEB; para Wakil Dekan FISIP; para Wakil Dekan FKIP; para Wakil Dekan Fakultas Pertanian; para Wakil Dekan Fakultas Teknik; perwakilan dari 5 program studi yang akan melaksanakan akreditasi; serta Tim Ahli Bahasa. (SAC/ AAP/ VDF)