Pascasarjana Untirta Luluskan Empat Doktor Baru di Bidang Pendidikan

Diposting pada

SERANG – Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) kembali meluluskan empat Doktor baru dari Program Doktor Pendidikan melalui prosesi Sidang Terbuka (Promosi) Doktor yang diselenggarakan selama dua hari pada 26-27 Juni 2023 di Auditorium Gedung B, Kampus Untirta Pakupatan. Sidang ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, baik keluarga, kolega dan Dinas terkait.

Sebelumnya, Program Doktor Pendidikan Untirta telah meluluskan dua Doktor perdananya pada Sidang Terbuka (promosi) Doktor pada Maret 2023, dilanjutkan dengan prosesi Wisuda Gelombang kedua pada tanggal 17 Juni 2023 lalu. Dengan demikian, saat ini Pascasarjana Untirta memiliki total enam Doktor baru.

Mutoharoh, promovenda yang mengikuti ujian pada Senin (26/6) mengusung topik “Pengaruh Kepemimpinan Inovatif, Kompetensi Manajerial, dan Supervisi Akademik Kepala PAUD terhadap Kinerja Pendidik PAUD dalam Pengelolaan Blended Learning di PAUD Kabupaten Serang”.

Tiga peserta lain yang diujikan pada Selasa (27/6) adalah promovenda atas nama Siti Laela yang mengangkat judul “Mutu Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cikande (Studi Korelasional Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah, Kepemimpinan Pembelajaran dan Kelayakan Sarana dengan Mutu Sekolah)”, promovendus atas nama Muhammad Asholahudin yang mengangkat judul “Hubungan Penguasaan Kosakata, Berpikir Tingkat Tinggi (BTT) dan Kecerdasan Linguistik dengan Kemampuan Membaca Pehamaman Tingkat SMP Kelas VII di Kota Cilegon”, dan promovenda atas nama Roma Mantin Uli Napitupulu yang memaparkan disertasi berjudul “Evaluasi Program Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dengan Model Five Level ROI Framework di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kemeterian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional”.

Dari keempat Doktor yang diluluskan, dua diantaranya menyandang Doktor Pendidikan bidang Manajemen Pendidikan, yaitu Mutoharoh dan Siti Laela, sedangkan dua lainnya menyandang Doktor bidang Teknologi Pendidikan yaitu Roma Mantin Uli Napitupulu dan Muhammad Asholahudin.

Tak hanya Dosen dan Guru Besar Pascasarjana Untirta, sejumlah nama guru besar dari berbagai kampus lain turut menjadi penguji pada Sidang Terbuka (Promosi) Doktor ini. Penguji tersebut di antaranya, yakni Prof. Dr. Encep Syarifuddin, M.Pd. (UIN Banten), Prof. Dr. Ahmad Hufad, M.Pd (UPI Bandung), Prof. Dr. Uyu Wahyudin, M.Pd. (UPI Bandung), Prof. Dr. Ekawarna, M.Psi (Universitas Jambi), Prof. Dr. Sudarwan Danim, M.Pd (Universitas Bengkulu), Prof. Dr. Ahmad Fauzan, M.Pd, M.Sc (Universitas Negeri Padang), serta Dr. Arif Rohman, M.Si (Universitas Negeri Yogyakarta). Sebagian hadir secara daring dan ujian berlangsung khidmat dan lancar meskipun menggunakan metode hibrid. (ZI/ SAC/ AAP/ VDF)