PPKS Untirta Gencarkan Pembekalan Untuk Perangi Kekerasan Seksual

Diposting pada

Siaran Pers Nomor : B/ 122/ UN43.8/HM.00.06 /2023

 

Serang — Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) guna tingkatkan kualitas mutu dan edukasi mengenai PPKS di lingkungan Untirta. Kegiatan yang dilangsungkan pada Rabu, 17 Mei 2023 tersebut disambut hangat oleh Rektor Untirta, Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T.

Prof. Fatah menegaskan bahwa kehadiran Satgas PPKS menjadikan lingkungan kampus yang aman, sehat, dan bebas dari kekerasan dan pelecehan seksual. Beliau menyebut bahwa salah satu langkah dan praktik untuk meningkatkan pengayaan Satgas PPKS adalah Bimtek bersama pakar yang kompeten dibidangnya.

“Tentu saja salah satu (langkah) yang sangat strategis yaitu pengayaan secara profesional dari pakar yang tentu saja kompeten. (Yaitu) kita akan diajarkan bagaimana secara persuasif dalam merespon aduan, khususnya dari korban. Kemudian proses pendidikannya secara berkala memperkuat berita acara yang akan menjadi persepsi bagi aparat hukum,” pungkasnya.

Pada Bimtek ini, Satgas PPKS Untirta mengundang Psikolog, Infanti Wisnu Wardani, M.Psi., serta Kompol Hj. Herlia Hartarani, M.H., sebagai narasumber dari Polda Banten.

Lebih lanjut Ketua Satgas PPKS Untirta, Muhammad Uut Lutfi, S.H., M.H. menyampaikan pentingnya pengayaan secara khusus bagi anggota Satgas. “Tentu dengan tujuan agar anggota Satgas ini memiliki keahlian atau keterampilan ketika mereka dihadapkan dengan pengaduan ke Satgas dan menangani kasus,” lanjutnya.

Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi anggota Satgas PPKS Untirta yang nantinya akan sosialisasi langsung ke setiap unit fakultas. “Dengan pembekalan ini, tentu harapan kita (Satgas PPKS Untirta -red) berharap bisa memberikan edukasi kepada fakultas di Untirta,” harap Uut untuk program selanjutnya.

Rayhan, anggota Satgas PPKS Untirta perwakilan dari unsur mahasisswa, jurusan Ilmu Komunikasi menyampaikan kesannya setelah melaksanakan Bimtek bersama. “Melalui kegiatan ini saya mendapatkan berbagai informasi terkait dengan konseling serta penanganan kekerasan seksual yang baik dan benar, serta tata cara pelaporan kepada pihak kepolisian,” tuturnya. (DAN/SF/AAP/VDF)

Kantor Humas Untirta, Jalan Raya Palka Km. 3 Sindangsari, Pabuaran, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Hotline Humas Untirta: +62 822-9897-9737