Cegah banjir HIMAZI Untirta Tanam Pohon Pule di Lingkungan Desa Barugbug, Kab. Serang, Banten

Diposting pada

SERANG-Himpunan mahasiswa gizi (HIMAZI) Untirta menggelar acara dalam rangkaian Sultan Ageng Tirtayasa Nutrition Festival (SNF) dengan tema “Nutrition Related with Climate Change”. Sabtu (29/10/22) di SD Negeri Kubangingas, Desa Barugbug, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang-Banten.

Kegiatan ini memuat materi penyebab banjir, pemilihan Desa Barugbug sebagai tempat kegiatan Hi-Care sebab desa tersebut rawan terjadi bencana banjir. Sehingga Himpunan Mahasiswa Gizi Untirta mengajak 26 anak dari SD Negeri Kubangingas melakukan penghijauan berupa menanam pohon pule dan membersihkan lingkungan di pinggir sungai yang ada di desa.

Selain sebagai penghijauan, pohon pule dipercaya memiliki segudang manfaat untuk penahan, dan membantu resapan air. Saat memasuki musim hujan banyak yang menyadari fungsinya, dan kesedaran itu harus terus dipupuk hingga menjadi sebuah budaya tidak kenal musim.

Pada kesempatan ini, dihadiri Ibu Kepala Sekolah SD Negeri Kubangingas, Sekretaris Desa Barubug (Perwakilan PKK Kec. Padarincang), Dosen Program Studi Gizi FK Untirta, siswa SD Negeri Kubangingas dan mahasiswa Gizi FK Untirta. (SSR/AAP/VDF)