Monev PKKM Untirta Rampung, Jumlah Partisipasi Prodi Diharapkan Bertambah

Diposting pada

Serang-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyambut kunjungan tim monitoring dan evaluasi (monev) Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) Kemendikbudristek bertempat di Ruang Rapat, Lantai 4, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Sabtu (22/10/2022). Tim monev ini kemudian melakukan diskusi bersama  Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Dr. H. Agus Sjafari, S.Sos., M.Si., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum,Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, S.T., M.T., Ketua Tim Task Force PKKM Untirta Dr. Rangga Galura Gumelar, Dipl. Ing., M.Si., dan tim.

Kurnia dalam penjelasannya di sela acara mengatakan, secara kelembagaan ini merupakan peluang bagi Untirta karena PKKM ini bersifat hibah. “Kita dibantu peningkatan secara administrasi dan fasilitas dalam artian untuk prodi menjadi bagus, secara administrasi bagus, sarpras pun bisa ditingkatkan,” katanya.

Ia menuturkan, terkait dengan monev ini memang ada beberapa hal yang harus dirampungkan seperti regulasi lain seperti TKDN dari hibah ini karena terkait belanja peralatan impor harus ada izinnya. “Secara komitmen kita harus terus mendukung ini supaya berjalan dengan baik. Ke depan berati harus lebih siap, bermula dari prodi harus lebih siap dalam artian karena program ini adalah meningkatkan secara portofoilonya prodi jadi harus lebih bagus lagi dalam hal persiapannya. Harus disiapkan lebih awal baik itu dari segi usulan, implementasi dan pelaporannya dan semua perlu merasa terlibat,” tuturnya.

Sementara Rangga mengungkapkan, ada lima prodi yang masuk dalam PKKM ini di antaranya Prodi Teknik Elektro dan Agroekoteknologi yang masuk dalam Liga 1 dan Prodi Biologi, Komunikasi dan Teknik Industri yang masuk dalam Liga 2. Kemudian terkait dengan evaluasi pelaksanaan PKKM di Untirta ada beberapa hal yang menjadi catatan seperti pelaksanaan yang harus menunggu dana dari pusat yang kemudian berimbas pada jadwal pelaksanaan teknis.

“Monev ini seagai salah satu masukkan perbaikan program kita terkait dengan perbaikan apa yang harus disasar. Kita tetap opitmis di akhir November pekerjaan ini sudah selesai sesuai dengan yang direncanakan,” ungkapnya.

Pada monev ini, tim reviewer yang dikomandoi Dr. Ir. Setyo Pertiwi, M.Agr., (IPB) dan tim beserta dari Dikti Kemendikbudristek akan menyusun berita acara dan melaporkan ke pusat terkait dengan pelaksanaan PKKM di Untirta.(HI/TMA/AAP/VDF)