Banyak Program MBKM Bisa Dikerjasamakan Untirta gandeng UNRAM

Diposting pada

Mataram- Para Wakil Dekan Bidang Akademik, Wakil Ketua, Sekretaris dan Para Koordinator dan Tim Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang digawangi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Pengembangan Inovasi, Pengabdian dan Hilirisasi Riset Untirta, Dr. Agus Sjafari mengunjungi Universitas Mataram pada hari Selasa, 18 Oktober 2022. Kunjungan ini disambut baik oleh wakil Rektor 1 UNRAM, Agusdin, SE., MBA., DBA., beserta jajaran. Dalam kunjungannya ke UNRAM, Untira banyak belajar dan ilmu berkaitan kegiatan akademik dan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam seleksi jalur penerimaan mahasiswa baru yang bisa mendongkrak capaian IKU. UNRAM diketahui telah memiliki banyak jalur seleksi berdasarkan regulasi dan kebijakan yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi dan Peraturan Rektor Universiatas Mataram.

Yang menarik dari kunjungan sharing knowledge ke UNRAM banyak hal dapat diimplementasikan oleh Untirta. Salah satunya Universitas Mataram memiliki kebijakan baru dalam penerimaan mahasiswa baru di tahun 2022 yaitu dengan program fast track yaitu program percepatan sarjana- magister yang diberikan khusus bagi mahasiswa sarjana yang memiliki prestasi akademik tinggi, mahasiswa tersebut saat sedang menempuh program sarjana pada semester tertentu dapat melanjutkan studi ke program magister tanpa harus menunggu kelulusan di program sarjana dengan kebijakan persayaratan dan pembiayaan diatur oleh SK Rektor. PMB Jalur Mandiri dan Kemitraan. Disamping itu UNRAM melalui bagian kemahasiswaan mengawal prestasi mahasiswanya untuk meraih penghargaan kompetisi nasional dan internasional dengan dosen pembimbing yang bisa mendongkrak capaian IKU.

Agus dan para Wakil Dekan Bidang Akademik Untirta sangat antusias dengan langkah yang telah diterapkan oleh UNRAM dalam implementasi Program MBKM. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Rektor dan pimpinan fakultas dan program pasca sarjana di Untirta dengan menerapkan kebijakan tersebut. Untirta sudah menerapkan seleksi PMB jalur Fast Track hanya belum optimal kurang dari 3 mahasiswa dari berbagai fakultas yang ikut jalur tersebut, regulasinya akan kami buat dan terapkan. PMB Untirta di tahun 2022 memiliki jalur prestasi. Kedepan Untirta akan melakukan jalur kemitraan untuk seleksi PMB dengan mitra strategis Untirta yang telah banyak memberikan kontribusi beasiswa sebelumnya kepada mahasiswa Untirta’ ujar Agus.‘

Hasil kunjungan lebih konkrit dengan melakukan kerja sama lingkup prodi di fakultas. Banyak hal yang bisa dikerja samakan dalam berbagai hal yang bisa menguntungkan kedua belah pihak dalam implementasi program MBKM dan IKU antara UNTIRTA dan UNRAM’ tutur Agusdin. Dalam diskusi hangat dengan pimpinan UNRAM, Agus Sjafari mempertanyakan strategi dan persiapan apa yang dilakukan UNRAM menuju PTN Badan Hukum (BH) . Diketahui UNTIRTA dan UNRAM merupakan perguruan tinggi Badan Layanan Umum (BLU) yang oleh pemerintah sudah diarahkan mempersiapkan diri untuk menjadi perguruan tinggi BH. Termasuk dalam 19 PTN lain yang diminta segera membenahi dan persiapan menuju PTN BH (VDF)