Siswa SMAN 8 Kabupaten Tangerang Antusias Ingin Kuliah di Untirta

Diposting pada

Serang-Sekitar 187 siswa dan dewan guru SMAN 8 Kabupaten Tangerang berkunjung ke Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Kamis (20/10/2022). Kunjungan SMAN 8 Kabupaten Tangerang ini merupakan ajang wawasan bagi siswa kelas XII yang tahun depan ingin masuk dunia perkuliahan.

Wakil Kepala SMAN 8 Kabupaten Tangerang, M Padil Wahyudin mengatakan, para siswanya ingin lebih tinggi lagi untuk mencari ilmu dengan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. “Saya berharap para siswa kami bisa masuk ke perguruan tinggi khususnya ke Untirta seperti yang terjadi pada kaka kelasnya terdahulu,” katanya.

Subkoordinator Humas dan Protokol Untirta Adhitya Angga Pratama, M.I.Kom., menjelaskan, proses masuk ke perguruan tinggi saat ini, khususnya di Untirta, menjadi semakin ketat seiring dengan peminatan jurusan yang berkembang pesat.

“Ada beberapa proses, setidaknya ada tiga jenis seleksi masuk perguruan tinggi negeri pada saat ini. Kami masih menunggu  untuk sosialisasinya.  Hal yang perlu diperhatikan, para siswa jika ingin berkuliah jangan salah pilih jurusan dan jeli melihat peluang,” jelasnya.

“Artinya peluang di sini adalah jika pilihan jurusan itu banyak yang mengambil atau masuk kategori favorit, maka cari alternatif lain misalnya satu jurusan lagi yang tidak begitu difavoritkan. Selebihnya, teman-teman harus berprestasi di kancah minimal provinsi. Kalau sudah berprestasi, beasiswa pun ketika berkuliah bisa full didapatkan,” tambah Angga.

Chandrika Eka Manggalih, siswa Kelas XII IPA 4 SMAN  8 menuturkan, hal yang ia targetkan pada saat ini adalah masuk ke jurusan Kedokteran Untirta. “Karena saya ingin mengobati orang, membantu orang. itulah yang menjadi inspirasi saya untuk masuk ke Kedokteran. Mudah-mudahan bisa terwujud,” tuturnya.(HI/TMA/AAP/VDF)