Tumbuhkan Indahnya Keragaman, Mahasiswa PMM Untirta Kunjungi Rumah Peradaban Banten

Diposting pada

SERANG – Mahasiswa Inbound program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Batch 2 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengunjungi Rumah Peradaban Banten Cilegon pada Minggu, (9/10/2022) untuk mengajar anak-anak dari berbagai latar belakang suku dan agama sebagai bagian dari aktivitas Modul Nusantara yang rutin dilaksanakan guna memberikan pemahaman komprehensif tentang kebinekaan, wawasan kebangsaan, dan cinta tanah air kepada para mahasiswa. Aktivitas yang melibatkan 17 mahasiswi dan 3 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia ini dilaksanakan di bawah bimbingan dan pendampingan Dosen Fakultas Ekonomi &  Bisnis Untirta, Asih Machfuzhoh, SE.,M.Ak.

“Pagi ini kita bersyukur kedatangan teman-teman dari Untirta yang mengikuti program Kemdikbud, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, yakni mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang berkumpul dan belajar bersama dengan kami, Rumah Peradaban Banten. Ini tentu saja menjadi pelajaran berharga karena selain pesannya adalah keragaman, ini juga merupakan inspiring leadership bahwa anak-anak di kampung melihat kakak-kakak mahasiswa ternyata bisa saling bertukar dan berkunjung.” Tutur Huluful Fahmi selaku Founder Rumah Peradaban Banten.

Asih Machfuzhoh menerangkan bahwa kegiatan bertajuk “Refleksi Dari Desa menuju Kota” ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang indahnya keragaman tradisi dan budaya. Melalui pertemuan dan interaksi dengan anak-anak dari berbagai latar belakang budaya, suku, dan agama, para mahasiswa diajak merenungkan sejauh mana kontribusi yang telah diberikan kepada negara, khususnya lingkungan terdekat mereka sendiri.

Grace Martha, mahasiswi Universitas Prima Indonesia mengaku aktivitas mengajarkan anak-anak berhitung dan membuat prakarya meninggalkan kesan yang mendalam. “Hari ini saya terkesan karena bisa bertemu secara langsung dengan adik-adik karena sebelumnya online terus.” Ungkapnya. (SAC/ AAP/ VDF)