Belajar Investasi hingga Karaoke, Maba Puji PKKMB Untirta 2022 Menyenangkan

Diposting pada

SERANG – Memasuki hari kedua, kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru  (PKKMB) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tahun 2022 yang digelar pada Selasa (16/8/2022) meninggalkan kesan yang menyenangkan bagi mahasiswa baru (maba) yang hadir secara langsung di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari. “Ospek kali ini tuh seru banget. Nggak berasa kayak ospek. Biasanya ospek monoton, tapi ini fun banget.” Ungkap Rico Albantani, mahasiswa jurusan Teknik Elektro angkatan 2022. “Pematerinya asik-asik. Kan biasanya kalo ospek mikirnya terlalu serius, ini mah asik banget. Kita enjoy gitu.” Lanjutnya.

Peserta yang mengikuti PKKMB Untirta tahun 2022 secara daring melalui zoom dan YouTube pun mengungkapkan kecemburuan mereka di media sosial karena tak dapat merasakan semaraknya ospek secara langsung. “Online full iri” tulis pemilik Instagram @saluputtt sembari mengunggah rekaman layar ketika peserta PKKMB Untirta 2022 sedang bernyanyi dan menari bersama. Mahasiswa baru lainnya turut kecewa tak kebagian buku yang dibagikan oleh Gol A Gong pada sesi tanya-jawab. “Tim online menangis gak bisa dapet novel Balada Si Roy-nya Gol A Gong” unggah pemilik akun Twitter @TresnaAnggun disertai tangkapan layar.

Selain diwarnai dengan hiburan, mahasiswa baru diberi pemahaman mengenai teknis perekrutan teroris dan penyebaran paham radikal di media sosial beserta upaya pencegahannya melalui materi bertajuk “Peran Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme, Terorisme, dan Ekstrimisme” yang disampaikan oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Banten, Zulkarnain dan Ketua Umum Banten Peduli Umat (BPU), Irhan Nugraha, S.E.

Selanjutnya, Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI), Achmad Dirgantara, S.IP., M.T berbagi wawasan mengenai pasar modal sebagai sumber pendanaan perusahaan dan sarana investasi masyarakat. Ia berpesan kepada mahasiswa yang tertarik berinvestasi untuk mempertimbangkan tujuan investasi dan mengenali karakter diri sebelum memutuskan investasi yang ingin dipilih. “Investasi selalu berkaitan dengan dana, waktu, dan resiko. Ketika ingin berinvestasi, tentukan tujuan investasi untuk apa dan pilihlah investasi yang sesuai dengan profil diri kita. Apakah seorang risk taker? Jika risk taker bisa ambil saham. Ataukah kita konservatif?” Tuturnya. Ia pun mengimbau mahasiswa untuk mengasah kemampuan analisis, mempertimbangkan performa perusahaan, dan memastikan legalitas perusahaan tersebut sebelum mulai berinvestasi. “Apabila ingin melakukan investasi, bisa ditanyakan dulu izinnya di OJK untuk memastikan apakah ini legal atau tidak. Juga harus punya pengetahuan untuk analisa. Jangan sampai ikut-ikutan.” Tegasnya.

Sementara itu, Gol A Gong yang didapuk sebagai Duta Baca Indonesia 2021-2025 sukses mencuri perhatian mahasiswa baru dengan gaya penyampaiannya yang santai dan berhasil menghidupkan suasana. Ia mendorong mahasiswa baru untuk meningkatkan budaya literasi melalui kegemaran membaca dan menulis. “Saya usia 59 tahun masih menulis, sementara yang muda-muda asik yang lain. Nah, ini pekerjaan kamu. Nanti kamu nulis buku, ya!” Pesannya. Rizky Aulia, mahasiswi jurusan Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia Angkatan 2022 menilai Gol A Gong sebagai sosok yang inspiratif. “Narasumbernya menginspirasi, apalagi Gol A Gong. Dengan kekurangannya, bisa tetap bikin banyak tulisan.” Ujarnya.

Pada PKKMB Untirta 2022, Untirta bekerja sama dengan BNI dan Bank Indonesia turut meluncurkan E-KTM, yakni kartu tanda mahasiswa berbasis digital yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk berbagai keperluan. “E-KTM ini maksudnya adalah teman-teman yang terdaftar sebagai mahasiswa Untirta sekarang sudah punya kartu identitas mahasiswa berbasis digital, sehingga tidak perlu mencetak kartu secara manual. Kita pun akan menggunakan Untirta Pay dimana kebutuhan parkir, jajan di parkir, dan fasilitas lainnya sudah berbasis digital.” Terang perwakilan dari BNI.

PKKMB Untirta 2022 dimeriahkan pula dengan pertunjukan bakat dari mahasiswa baru Angkatan 2022 yang tampil impromptu di sela-sela pergantian materi. “Teman-teman tadi banyak yang menampilkan bakat-bakatnya. Ada yang nari jaipong, nyanyi, variasi paskibra.” Ungkap Budi Firmansyah, mahasiswa Teknik Mesin Angkatan 2022. “Mungkin kalo nggak ospek, kita nggak bakal tahu kalo ospek ini bisa jadi ajang unjuk bakat.” Nizam Azhar Samudera, mahasiswa Teknik Kimia Angkatan 2022 menimpali. Keduanya mengaku terkejut dan takjub menyaksikan bakat yang ditunjukan oleh rekan-rekan seangkatannya.

Daya tarik lain dari PKKMB Untirta 2022 adalah kesempatan memamerkan ungkapan hati yang maba tuliskan pada secarik kertas atau layar ponsel. Berbagai tulisan mulai dari perasaan bahagia, ungkapan perasaan cinta, hingga kalimat yang mengocok perut ditampilkan pada layar. “Tadi pas lagi menunjukan kata-katanya, itu seru banget sih. Jadi nggak terlalu monoton ospeknya.” Ujar Nizam sumringah. Mereka berharap kegiatan PKKMB Untirta 2022 hari berikutnya tak kalah mengasyikan. (SAC/ AAP/ VDF)