Upacara Kemerdekaan ke-77 di Untirta, Pembina Amanatkan Soal Impelementasi Program MBKM

Diposting pada

Serang-Sivitas akademika Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melaksanakan upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 secara hybrid di Plaza Rektorat, Kampus Untirta, Sindangsari, Kabupaten Serang, Rabu (17/8/2022). Pada kesempatan ini upacara dipimpin oleh Cepi Rafiudin, S.T., selaku Sekretaris Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni, pembina upacara oleh Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., pembacaan teks Pancasila oleh Dekan Fakultas Pertanian Untirta Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, MP., pembacaan

naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Dekan Fakultas Teknik Untirta Prof. Dr. -Ing Asep Ridwan, ST., MT., IPM., pembacaan doa oleh Ketua Lembaga Penelitian Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Untirta Ketua LPPM Untirta Dr. Rusmana, Ir., M.P., master of ceremony (MC) oleh Humas Untirta Ikeu Yuliawati Ningsih, S.E., dan pengibar bendera merah putih oleh tim UKM Pramuka Untirta.

Pada kesempatan ini, Rektor turut menyampaikan sambutan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek)
RI Nadiem Anwar Makarim bahwa perjuangan menggapai kemerdekaan telah tercatat dalam sejarah dan kita tidak boleh berhenti bergerak dan melangkah. Khususnya pada tahun ini, Indonesia memperingati kemerdekaannya yang ke-77 bisa bangkit lebih kuat. Semangat tersebut pun diupayakan dan dibuktikan bersama melalui presidensi G20 tahun 2022 dengan peran besar Kemendikbudristek dalam menggalang kolaborasi global dan untuk bergotong royong memulihkan dan memperbaiki sistem pendidikan yang salah satunya ditempuh melalui implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Mari kita terus tingkatkan rasa syukur kepada Allah Swt., atas nikmat kemerdekaan dengan cara memberikan yang terbaik. Apa yang bisa kita lakukan untuk kemajuan bangsa Indonesia maka lakukanlah. Terima kasih kepada mahasiswa panitia dan seluruh sivitas akademika Untirta yang telah menyukseskan upacara ini,” ujar Rektor usai memberikan sambutan Mendikbudristek.

Upacara pun berjalan dengan khidmat, tertib dan tetap menjaga protokol pencegahan Covid-19. Kegiatan ini diakhiri dengan pembacaan doa dan silahturahmi antarsesama sivitas Untirta.(HI/TMA/AAP/VDF)