Kunjungi Untirta dan RSUD Banten, FKUI Komitmen Tingkatkan Bidang Kesehatan di Banten

Diposting pada

Serang – Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) berkunjung ke kampus Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Kamis (9/6/2022). Kunjungan FKUI ini dalam rangka silaturahmi dan mempererat komitmen FKUI untuk meningkatkan bidang kesehatan di Banten melalui kerja sama yang dibangun bersama dengan Untirta dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Provinsi Banten.

Hadir dalam kunjungan ini Dekan FKUI Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB., Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan FKUI Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K)., MPH., Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum dr. Anis Karuniawati, PhD, SpMK(K)., Manajer Kerjasama, Ventura dan Hubungan Alumni Prof. Dr. dr. Andon Hestiantoro, SpOG(K), MPH dan jajaran. Sementara dari pihak Unitrta hadir Rektor Untirta Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T., Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas H. Kurnia Nugraha, S.T., M.T., Dekan Fakultas Kedokteran Untirta Dr. dr. Siti Farida, M.Kes., Ph.D., serta jajaran, pimpinan unit dan staf.

Dekan FKUI dalam kunjungannya menuturkan, kunjungan tersebut adalah dalam rangka merawat komitmen bahkan sejak gubernur Banten jauh sebelumnya. Pada kunjungan ini menurutnya juga akan mencoba menerapkan bagaimana FKUI bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Papua dalam merekrut tenaga/dokter spesialis.

“Harapan kita dalam proses rekrutmen itu akan mudah, seperti di Pemda Papua, ada 90 orang yang mendaftar dan 29 terpilih bahkan ada dari putra daerah. Ke depan, paling tidak kita punya kuota bagi yang kita didik selain bisa menjadi spesialis juga bisa mengajar di kampus. Mudah-mudahan ini bisa berkelanjutan bahkan melampaui dalam jangka lima tahun kerja sama dengan Untirta,” tuturnya.

“Mudah-mudahan diridai dan sekali lagi semoga kerja sama dengan Untirta dan Pemda (Pemprov Banten-red) ini terus berlanjut agar kita bisa menghadirkan SDM/dokter yang andal di masa mendatang,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Rektor Untirta mengatakan, di bidang kesehatan ini adalah amanah yang besar di tengah masyarakat Banten yang begitu membutuhkan tenaga kesehatan. Ia optimis, dengan komitmen dari Untirta, UI serta pemprov Banten ini penguatan kinerja di bidang kesehatan akan bisa terwujud.

“Rasanya komitmen ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam bidang kedoteran profesional bukan hanya untuk Banten melainkan juga Indonesia. Mohon pencerahan juga dari FKUI ini untuk akses pembangunan rumah sakit dan peningkatan SDM yang berkualitas,” kata Rektor Untirta.

Usai menjamu pimpinan dan staf FKUI, Rektor Untirta dan jajaran pun turut mengantar FKUI ke Pendopo Gubernur Banten, di Kawasan Pusat Pemerintahan Pemprov Banten (KP3B) dan RSUD Banten, Kota Serang, untuk menjalin silaturahmi dan monitoring RSUD Banten.(HI/RP/AAP/VDF)